Analisis strategi pemasaran dalam upaya peningkatan omzet di MH Mart Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arrodhi, Muhammad Da'al Aula (2018) Analisis strategi pemasaran dalam upaya peningkatan omzet di MH Mart Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Da'al Aula Arrodhi_G74214109.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Omzet di MH Mart Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan” ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan serta bagaimana upaya peningkatan omzet di MH Mart Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data yang digunakan berasal dari hasil observasi dan wawancara dengan ketua MH Mart, kepala staf pertokoan MH Mart dan beberapa konsumen MH Mart. Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dan diolah dengan pola pikir induktif yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus untuk kemudian diteliti, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mampu berlaku secara umum.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran MH Mart diantaranya merumuskan strategi pemasaran, menerapkan strategi marketing mix 4P (Product, Price, Place, Promotion) dan strategi pemasaran umum dan menyeluruh. Dari strategi tersebut, didapati hal penunjang dan penghambat dalam upaya peningkatan omzet di MH Mart. Yang menjadi hal penunjang peningkatan omzet diantaranya : harga yang lebih murah dari pesaing, mengedepankan nuansa islami di daerah yang mayoritas penduduknya Islam, mengedepankan pelayan yang ramah, memberlakukan khiyar serta aktif melakukan promosi penjualan dan publisitas. Sedangkan hal penghambat peningkatan omzet diantaranya : kurang gencar melakukan periklanan, bergantung pada mayoritas penduduk nelayan yang penghasilannya tidak menentu, sistem pemasaran yang masih offline, ruangan yang kurang nyaman dan tidak ada strategi khusus yang menjadi alternatif jika mengalami penurunan omzet. MH Mart Kecamatan Paciran diharapkan lebih cekatan dalam memperbaiki beberapa kekuarangan dalam kegiatan pemasarannya. Sehingga upaya dalam meningkatkan omzet bisa diatasi lebih cepat dan dapat berkembang lebih baik lagi. Selain itu, MH Mart diharapkan dapat menjalin hubungan baik dan memaksimalkan peran konsumen, seperti meminta konsumen untuk memberikan masukan yang membangun demi kelangsungan bisnis MH Mart Kecamatan Paciran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arrodhi, Muhammad Da'al Aulaarrodhi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Uncontrolled Keywords: Peningkatan omzet; strategi pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arrodhi Muhammad Da'al Aula
Date Deposited: 16 Apr 2018 01:55
Last Modified: 16 Apr 2018 01:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24164

Actions (login required)

View Item View Item