فعالية تطبيق طريقة سرعة التفكيرفى ترقية فهم المقروء لتلاميذ المدرسة اللعالية الشافففعية تنجولا نجينج سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaeni, Nurul (2010) فعالية تطبيق طريقة سرعة التفكيرفى ترقية فهم المقروء لتلاميذ المدرسة اللعالية الشافففعية تنجولا نجينج سيدوارجو. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Isnaeni_D02206066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran dipengaruhi oleh adanya aktifitas belajar siswa, apalagi dalam pembelajaran Bahasa Asing. Akan terasa sulit bagi siswa untuk memahami isi bacaan jika tidak ada metode tertentu yang diperkenalkan guru kepada siswanya, akibatnya belajar Bahasa Asing khususnya materi bacaan hanya berupa kegiatan membaca pasif tanpa mengetahui maksud yang terkandung dalam bacaan tersebut.Sedangkan dalam pembelajaran Bahasa Arab terdapat 4 keterampilan (keterampilan yang menjadi ruang lingkup pembelajaran yakni, Maharoh Jstima ', Maharoh Kalam, Maharoh Qiro'ah dan Maharoh Kitabah). Dalam hal ini yang akan dikaji penulis adalah Maharoh Qiro 'ah. Oleh karena itu, penulis mengajukan judul tersebut untuk mengetahui beberapa persoalan yang penulis kaji dalam skripsi ini, yaitu tentang : bagaimana kemaampuan memahami bacaan siswa MA. Asy-Syafi'iyah Tanggulangin Sidoarjo, bagaimana penerapan metode kecepatan berfikir (Quick on the Draw) dalam meningkatkan memahami bacaan siswa MA. Asy-Syafi'iyah Tanggulangin Sidoarjo, serta bagaimana Efektifitas Penerapan metode kecepatan berfikir (Quick on the Draw) dalam meninhkatkan kemampuan memahami bacaan siswa MA. Asy-Syafi'iyah Tanggulangin Sidoarjo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Selanjutnya untuk memperoleh data yang diinginkan, penulis menggunakan metode tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian penulis menggunakan 100% dari jumlah keseluruhan populasi yakni 38 siswa dari kelas XI dalam menentukan jumlah sample dan menggunakan rumus "t-test" untuk mengetahui efektifitas metode kecepatan berfikir (Quick on the Draw) dan peningkatan pemahaman bacaan siswa MA. Asy-Syafi'iyah Tanggulangin Sidoarjo. Hasil penelitian ini adalah penulis menemukan bahwa : metode kecepatan berfikir (Quick on the Draw) yang diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab dalam kaitannya dengan kegiatan memahami bacaan adalah sangat tepat. Karena metode kecepatan berfikir (Quick on the Draw) ini memberikan pengalaman mengenai macam-macam keterampilan membaca yang didorong oleh kecepatan aktifitas, ditambah belajar mandiri dan kecekapan ujian. Dan hal ini tergolong efektif. Penerapan metode kecepatan berfikir (Quick on the Draw) dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa tergolong efektif, hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis melalui rumus "t-test" bahwa harga t.:, lebih besar dari t tabel dan hasilnya yakni (to > t,) atau 2,71 < 9,71 > 2,02 sebagaimana menurut pendapat Anas Sudijono, hasil tersebut menunjukkan bahwa antara variable x dan y terdapat hubungan yang cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaeni, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode kecepatan berpikir; kemampuan membaca; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2018 07:45
Last Modified: 13 Apr 2018 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24158

Actions (login required)

View Item View Item