فعالية طريقة فى ترقية فهم المقروء بالمدر سة العالية الحكومية سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mazaya, Mazaya (2010) فعالية طريقة فى ترقية فهم المقروء بالمدر سة العالية الحكومية سيدوارجو. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mazaya_D02206060.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam mengajar bahasa khususnya bahasa Arab, hendakanya guru menggunakan metode pengajaran yang sesuai dengan materi pengajaran dan kemampuan siswa agar proses belajar mengajar belajar dapat berjalan efektif, efesien dan menyenangkan. Metode Team Assisted Individualization (TAl) merupakan salah satu tipe dari pembelajaran kooperatif,yaitu pengajaran individual dibantu oleh kelompok. Melalui metode tersebut, guru dapat mengarahkan siswa pada kerjasama kelompok yang bersifat heterogen untuk rnenyelesaikan tugas kelompok yang sudah disiapkan oleh guru dan selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya. Oleh karena itu, penulis tnengajukan judul tersebut untuk mengetahui beberapa persoalan yang penulis kaji dalam skripsi ini, yaitu : Bagaimana penerapan metode TAI dalam meningkatkan pemahaman bacaan di MAN Sidoarjo, Bagaimana kemampuan bacaan siswa dan bagaimana efektifitas penerapan metode TAl dalam meningkatkan pemahaman bacaan di MAN Sidoarjo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Selanjutnya untuk memperoleh data yang di inginkan penulis menggunakan metode observasi,wawancara, dokumentasi dan tes uji coba sebel\lm dan sesudah pembelajaran berlangsung. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian uji coba (eksperiemen), yaitu dengan memberikan pretest-posttest sebelum dan sesudah perlakuan (treatment) di berikan. Hasil penelitian ini adalah' penulis menemukan bahwa: Penerapan metode Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan pemahaman bacaan di MAN Sidoarjo tergolong baik karena disamping guru menggunakan metode yang variatif dalam tnengajar, di sekolah juga terdapat sarana pembelajaran seperti Lab Bahasa, Televisi,Perpustakaan dan lain-lain . Adapun kemampuan bacaan siswa di MAN Sidoarjo berbeda-beda' yaitu sebagaian dari mareka ada yang rnahir dan ada juga yang lambat dalam memahi materi yang di berikan oleh guru. Sedangkan penggunaan Inetode Tearn Assisted individualization (TAl) dalam meningkatkan pemahaman bacaan tergolong efektif, hal tersebut dapat dilihat dari hasil pretest-posttest yaitu 233-286 dan dari basil analisa data melalui rumus uji t yaitu 9,71 ,hasil tersebut tnenunjukkan adanya perubahan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mazaya, MazayaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode team assisted individualization; pemahaman bacaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2018 07:35
Last Modified: 13 Apr 2018 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24157

Actions (login required)

View Item View Item