Hubungan antara karakteristik personal dengan pemilihan pasangan hidup pada dewasa awal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Walidah, Putri Ziana (2018) Hubungan antara karakteristik personal dengan pemilihan pasangan hidup pada dewasa awal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Ziana Walidah_J01214020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik personal dengan pemilihan pasangan hidup pada dewasa awal.Karakteristik personal merupakan faktor yang mempengaruhi seseorang untuk memilih pasangan hidupnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala Nine Mate-Selection Question dan skala karakteristik personal. Subjek penelitian berjumlah 108 mahasiswa Psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis product moment dengan taraf signifikansi 0.027. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi p = 0.027 < 0.05 dan r = 0.213 artinya hipotesis diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan antara karakteristik personal dengan pemilihan pasangan hidup pada dewasa awal. Berdasarkan hasil tersebut juga dapat dipahami bahwa korelasinya bersifat positif sehingga menunjukkan adanya hubungan yang searah, artinya semakin tinggi karakteristik personal maka semakin tinggi pula pemilihan pasangan hidup yang dimiliki mahasiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Walidah, Putri ZianaChian.chinderf@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Psikologi > Keluarga
Keywords: Karakteristik Personal; Pemilihan Pasangan Hidup; Mahasiswa
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Walidah Putri Ziana
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:04
Last Modified: 13 Apr 2018 02:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24147

Actions (login required)

View Item View Item