Peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru kelas Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Gresik: studi multi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti dan Madrasah Ibtidaiyah Mamba’us Sholihin Suci Manyar

Arif, Muhamad (2018) Peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru kelas Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Gresik: studi multi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti dan Madrasah Ibtidaiyah Mamba’us Sholihin Suci Manyar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhamad Arif_F02A16208.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kabar pada media cetak tahun 2017 tentang guru madrasah yang mengalami kegagalan dalam latihan profesi guru sebanyak 217 orang di kabupaten Gresik. Penyebab utama adalah kurangnya penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Dan salah satu hambatannya adalah keterbatasan waktu dengan kegiatan yang bersifat administratif. Maka dalam hal ini peneliti berusaha mengungkap keberadaan upaya guru kelas dalam meningkatkan kompetensi di Madrasah Ibtidaiyah Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti dan Madrasah Ibtidaiyah Mamba’us Sholihin Suci Manyar, dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana program pembinaan kompetensi pedagogik dan profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti dan Madrasah Ibtidaiyah Mamba’us Sholihin Suci Manyar?. 2) Bagaimana upaya guru kelas dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional di Madrasah Ibtidaiyah Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti dan Madrasah Ibtidaiyah Mamba’us Sholihin Suci Manyar?. 3) Apa saja faktor pendukung guru kelas dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional di Madrasah Ibtidaiyah Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti dan Madrasah Ibtidaiyah Mamba’us Sholihin Suci Manyar?. 4) Apa saja faktor penghambat dan solusi guru kelas dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional di Madrasah Ibtidaiyah Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti dan Madrasah Ibtidaiyah Mamba’us Sholihin Suci Manyar?. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif studi kasus, untuk teknik pengumpulan data dengan menggunakan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman, uji keabsahan data dengan triangulasi, kecukupan refrensi dan analisis kasus negatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Program pembinaan kompetensi pedagogik dilakukan pada kedua madrasah yaitu, pada pendalaman kurikulum 2013, dan pembinaan internal. Upaya yang di lakukan oleh guru pada kedua madrasah seperti: Mengikuti workshop, pelatihan, supervisi, membaca buku, mengikuti perkembangan media, seperti google, you tube dan mengikuti forum guru. Faktor pendukung internal guru kelas adalah motivasi diri dan dukungan dari keluarga. pada pendukung eksternal adalah keberadaan kepala madrasah, ketua yayasan dan lingkungan sekitar. Faktor penghambat internal guru kelas adalah keberadaan waktu terbatas dan keberadaan motivasi naik turun. Dan penghambat eksternal guru kelas adalah keberadaan sarana prasarana serta keberadaan wali murid yang kurang faham dengan program madrasah, solusi yang diberikan adalah dengan melakukan parenting.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syafi'i, Syafi'i
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kompetensi Guru
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arif Muhammad
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:18
Last Modified: 13 Apr 2018 03:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24146

Actions (login required)

View Item View Item