تأثير تطبيق مدخل التعليم الإجرائ نحو إنجاز تعليم اللغة العربية التلاميذ المدرسة المتوسطة الإسلامية إتقوا مانانجال سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mil'ussamawati, Yeti (2009) تأثير تطبيق مدخل التعليم الإجرائ نحو إنجاز تعليم اللغة العربية التلاميذ المدرسة المتوسطة الإسلامية إتقوا مانانجال سورابايا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yeti Mil'ussamawati_D02302021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekolah MTs ITTAQU SURABAYA merupakan salah satu sekolah swasta tingkat pertama yang mengutamakan ilmu - ilmu agama, serta ilmu yang terkait dengannya diantaranya adalah pengajaran bahasa Arab dalam mengajarkan Bahasa Arab sekolah ini banyak menggunakan bahan ajar, referensi, strategi, tehnik dan pendekatan yang mana dengan banyaknya penggunaan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan serta mengembangkan prestasi belajar siswa khususnya dalam belajar bahasa Arab. Diantara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan proses yang mana pendekatan ini mengarahkan kemampuan mental, fisik dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan yang lebih tinggi dalam diri individu siswa dan cara memandangnya sehingga penulis mengadakan penelitian dalam penulisan skripsi dengan judul: pengaruh penerapan pendekatan proses terhadap peningkatan prestasi belajar siswa terhadap bahasa Arab di sekolah Mi's ITTAQU SURABAYA. Dalam penelitian ini penulis mengambil siswa MTs ITTAQU SURABAYA sebagai subyek penelitian yang kemudian ditarik sampelnya secara random sebanyak 20 % dari keseluruhan siswa. Berdasarkan data yang telah di peroleh baik dari wawancara, dokumentasi, angket, maupun observasi menunjukkan adanya pengaruh penerapan pendekatan proses terhadap peningkatan prestasi belajar siswa terhadap bahasa Arab di sekolah MTs ITTAQU SURABAYA. Untuk dapat menyimpulkan basil yang dikehendaki, penulis menggunakan uji statistic product moment untuk menganalisis data yang ada. Hasilnya ada pengaruh yang positif antara pengaruh penerapan pendekatan proses terhadap peningkatan prestasi belajar siswa terhadap bahasa Arab di sekolah MTs ITTAQU SURABAYA dengan katagori kuat I baik, dengan kata lain penerapan pendekatan proses berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa terhadap bahasa Arab di sekolah MTs ITTAQU SURABAYA. Dalam akhir penulisan skripsi ini, penulis juga memaparkan beberapa saran untuk guru-guru dan siswa-siswi yang ada di pondok pesantren Al-Hidayah Pasuruan, agar benar mempersiapkan bahan-bahan mata pelajaran terlebih-lebih pada pembahasan yang didalamnya ada perselisihan dan perbedaan, agar diharapkan bisa menerangkan dengan sejelas-jelasnya letak perbedaannya karena perbedaan clan perselisihan bisa menimbulkan persepsi yang kurang baik terhadap siswa da.lam belajar bahasa Arab khususnya Mahaarotul Qowaid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mil'ussamawati, Yeti--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Pendekatan proses; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2018 03:48
Last Modified: 12 Apr 2018 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24123

Actions (login required)

View Item View Item