أفلام الكرتون العربية كوسيلة في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الإستماع للطلاب بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rif'ah, Chikmatur (2010) أفلام الكرتون العربية كوسيلة في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الإستماع للطلاب بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية سيدوارجو. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chikmatur Rif'ah_D02206054.pdf

Download (6MB)

Abstract

MTs.N Sidoarjo merupakan salah satu pendidikan Formal yang berada di bawah naungan DEPAG dan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah ini tetpusat pada pembelajaran mufrodatnya yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan istima' siswa, sehingga kemampuan istima' tersebut dapat menunjang kemmnpuan-kemampuan berbahasa arab yang lainnya Dan dalam setiap pembelajaran pasti tidak lepas dari media pendidikan dalam. memudahkan proses pembelajarannya Oleh karena itu, media film kartun berbahasa arab (Muhammad The Last Prophet) juga digunakan sebagai media pembelajaran bahasa arab di sekolah ini dalam meningkatkan mutu keterampilan istima., siswanya Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: I) Bagaimana penerapan film kartun berbahasa arab sebagai media pembelajaran bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan istima' siswa di MTs.N Sidomjo; 2) Apa saja kendala dalam proses penibelajaran materi istima' dengan menggunakan media film kartun berbahasa arab; 3) apakah ada pengaruh film kartun berbahasa arab ,sebagai media pembelajaran bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan istima' siswa di MTs.N Sidomjo ini; dan penelitian ini dilaksanakan terhadap 47 siswa kelas VIII f sebagai sampelnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan datanya menggun.akan: intervew, observasi, angket, dokumentasi, test. Dan teknis aualisis datanya menggtmakan teknis analisis deslaiptif kuantitatif yaitu menggunakSn}nialisis nun us prosentase dan product moment yang berupa angka-angka untuk mengetahui tingkat pengaru.h pembelajaran Bahasa Arab dengan media film kartun berbahasa arab (Variabel x) dan ketenunpilan mendengar siswa (Variabel y), kemudian data yang terkumpul dianalisis untuk ID.eri.yederhanakan data kedalam bentuk yang mudah dibaca dan diinterpretasikan. Berdasarkan masalah. tersebut di atas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa: 1) pelaksanaan fihn kartun berbahasa arab sebagai media pembelajaran ahasa arab berjalan dengan baik; 2) pelaksanaan pembelajaran materi kemampuan istima' dengan menggunakan media ini tergolong cukup bagus dan problemnya ialah masih kurangnya waktu dalam proses pembelajarmmya serta kurangnya materi-materi film yang variatif; 3) fihn kartun berbahasa arab sebagai media pembelajaran bahasa arab memiliki pengaruh dalain meningkatkan kemampuan istima' siswa MTs.N Sidoarjo yakni berdasarkan analisis basil perhitungan "rxy" = 0,95 denganjumlall responden 47 siswa dan Ttabct pada taraf signifikansi 5% adalah 0,288. Jadi, l hitung lebih besar dari nilai T tabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hip6tesis nol (Ho) ditolak. Jadi, fihn kartun berbahasa arab sebagai media pembelajaran bahasa arab memiliki pengaruh yang sangat tinggi dalam meningkatkan kemampuan mendengar siswa di MTs.N Sidoarjo, hal ini berdasarkan pada Thirung = 0,95 yang berada di antara 0,90-l,00 yang mana interpretasinya adalah sangat tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rif'ah, ChikmaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Film
Uncontrolled Keywords: Film kartun; Bahasa Arab; media pembelajaran; kemampuan mendengar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2018 08:43
Last Modified: 11 Apr 2018 08:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24115

Actions (login required)

View Item View Item