تأثير تطبيق فرقة التعليم باستعمال الرقم لترقية مهارة القراءة في تعليم اللغة العربية لتلاميذ بالمدرسة الثانوية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Zahrotul (2011) تأثير تطبيق فرقة التعليم باستعمال الرقم لترقية مهارة القراءة في تعليم اللغة العربية لتلاميذ بالمدرسة الثانوية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zahrotul Fauziyah_D2206086.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MAN surabaya merupakan Lembaga Pendidikan Islam Negeri yang setara dengan SMU Negeri yang ada satu-satunya di Surabaya. Di sekolah ini ada 2 bahasa asing yang diajarkan yaitu Bahasa Inggris & Bahasa Arab. Meskipun Bahasa Arab menjadi pelajaran bahasa prioritas ketiga setelah Bahasa Inggris & Bahasa Indonesia, namun Bahasa Arab tetap dianggap penting, mengingat Bahasa Arab menjadi salah satu modal utama dalam belajar ilmu agama Islam. Mengingat pentingnya belajar Bahasa Arab terutama dalam pembelajaran membacanya, maka dalam pelaksanaan pembelajarannya harus memperhatikan ketrampilan berbahasanya, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam pencapaian keberhasi lan. Sementara tingkat ketrampilan berbahasa yang dimiliki para siswa pada umumnya masih lemah khususnya membaca. Salah satu metode baru yg dianggap mampu meningkatkan ketrampilan/ kemampuan siswa dalam belajar Bahasa Arab khususnya membaca adalah metode "Numbered Heads Together" yg merupakan bagian dari pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan & keberhasilan metode tersebut dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN surabaya. Berdasarkan latar belakang diatas, Peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana kemampuan siswa dalam kemahiran membaca di dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa MAN Surabaya? Bagaimana penerapan pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa MAN Surabaya? Bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan kemahiran membaca dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa di MAN Surabaya? Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah: Observasi, Angket, Interview, Dokumentasi, dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetahui penerapannya. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilannya menggunakan metode uji coba tes dengan rumus Statistik "Test T" dengan membandingkan data yang ada pada kelas eksperimen dengan adanya ujian Pre test & Post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode "Numbered Heads Together" dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisa statistik yang di dapatkan dari kedua variabel dengan menunjukkan angka 2, 19. Di karenakan penelitian ini masih bersifat uji coba maka di perlukan pengkajian yang lebih mendalam lagi oleh peneliti-peneliti lain sehingga dapat di ketahui lebih lanjut tentang keunggulan - keunggulan dari penggunaan metode ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Zahrotul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Numbered Head Togheter; mahir membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2018 08:40
Last Modified: 11 Apr 2018 08:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24114

Actions (login required)

View Item View Item