Peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS I dan IPS V Di Madrasah Aliyah Negeri Sooko Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muin, Abdul (2010) Peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS I dan IPS V Di Madrasah Aliyah Negeri Sooko Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Muin_D03304022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam skpripsi ini membahas tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS I dan IPS V Di Madrasah Aliyah Negeri Sooko Mojokerto. Ada tiga hat yang dibahas yaitu (1) Bagaimana minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sooko Mojokerto? (2) Apa faktor yang menyebabkan penurunan minat belajar siswa Kelas XI IPS 1 dan IPS 5 di Madrasah Aliyah Negeri Sooko Mojokerto? (3) Bagaimana peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas XI IPS I dan IPS 5 di Madrasah Aliyah Negeri Sooko Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (I) Untuk mendiskripsikan minat belajar siswa Kelas XI IPS 1 dan IPS S di Madrasah Aliyah Negeri Sooko Mojokerto, (2) Untuk mendiskripsikan faktor-faktor penyebab penurunan minat belajar siswa Kelas XI IPS 1 dan IPS 5 di Madrasah Aliyah Negeri Sooko Mojokerto, dan (3) Untuk mendiskripsikan peran Guru Bimbingan Dan Konseling dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas XI IPS 1 dan JPS 5 di Madrasah AJiyah Negeri Sooko Mojokerto. Jenis penelitian yang dipakai dalam skripsi adalah kualitatif. Dalam menganalisis, peneliti reduksi data atau proses penelitian data setelah itu menyajikan data dengan penyusunan informasi yang komplek kedalam suatu bentuk yang sistematis dan tahap terakhir kesimpulan data yang diperoleh.instrumen yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Adapun populasi penelitian sebesar 229 siswa IPS. Dari populasi ini diambil sampel 35% atau 91 siswa yang terdiri dari siswa kelas XI IPS I dan IPS V. Dalam pengambilan sampel •tekhnik yang dipakai adalah tehknik purposive sampling. Dari hasil penelitian maka diitemukan bahwa: Untuk minat belajar siswa MAN sooko mojokerto telah mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari catatan khusus pada semester II tahun ajaran 2009-2010. untuk guru bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri Sooko Mojokerto telah menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari program-program bimbingan dan konseling yang telah dilaksanakan serta siswa yang antusias dengan program konseling. Dengan demikian terdapat peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS I dan IPS V di Madrasah Aliyah Negeri Sooko Mojokerto. Dengan adanya peran guru bimbingan dan konseling ter5ebut ni8ka terdapat perubahan yang positif pada prilaku siswa setelah dilaksanakan bimbingan dan konseling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muin, Abdul--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Guru
Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Peran guru bimbingan dan konseling; minat belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:43
Last Modified: 10 Apr 2018 08:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24104

Actions (login required)

View Item View Item