تأثير طريقة المباشرة نحو ترقية إنجاز مهارة الكلام فى تعليم اللغة العربية للفصل الأول الثانوية فى معهد فضلالله وارو سيدو ارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholis, M. Nur (2011) تأثير طريقة المباشرة نحو ترقية إنجاز مهارة الكلام فى تعليم اللغة العربية للفصل الأول الثانوية فى معهد فضلالله وارو سيدو ارجو. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Nur Kholis_D02206059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam memperoleh kesuksesan dan keberhasilan studi tidak lepas dari peran metode yang dipakainya. Karena dengan metode maka pembelajaran akan menjadi efektif dan efisien. Dalam pembelajaran bahasa Arab di pondok Fadllillah menggunakan metode mubasyaroh. Oleh karena itu, penulis mengajukan judul tersebut untuk mengetahui beberapa persoalan yang penulis kaji dalam skripsi ini, yaitu tentang : Bagaimana penerapan metode mubasyaroh dalam pengajaran bahasa Arab, Bagaimana pengaruh metode mubasyaroh terhadap peningkatan keterampilan berbicara, Bagaimana prestasi siswa dalam keterampilan berbicara di pondok Fadllillah Waru Sidoarjo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Selanjutnya untuk memperoleh data yang di inginkan penulis menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian penulis menggunakan tehnik purposive sampling untuk menentukan sample, dan menggunakan product moment untuk mengetahui pengaruh metode mubasyaroh terhadap peningkatan ketrampilan berbicara siswa kelas satu di pondok Fadllillah Waru Sidoarjo. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: metode mubasyaroh adalah belajar bahasa asing dengan menggunakan bahasa asing secara langsung, metode ini mengutamakan kemampuan siswa dalam berkomunikasi. Penggunaan metode mubasyaroh dalam ketrampilan berbicara siswa tergolong cukup efektif, hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis melalui rumus Product Moment bahwa hasil rxy yaitu 0,61 dan hasil ini terentang antara 0,40 – 0,70 sebagaimana menurut pendapat Suharsimi Arikunto, hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan antara variabel X dan variabel Y dengan tingkat hubungan cukup efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholis, M. NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Metode Mubasyaroh; prestasi; maharoh kalam; pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:28
Last Modified: 10 Apr 2018 08:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24101

Actions (login required)

View Item View Item