SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN GAYA HIDUP : STUDI PADA MASYARAKAT KELURAHAN SIDOSERMO KOTA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasihin, Ahmad Misbahun (2014) SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN GAYA HIDUP : STUDI PADA MASYARAKAT KELURAHAN SIDOSERMO KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Sesuai arti kata smartphone merupakan media komunikasi yang mempunyai kemampuan layaknya komputer yang didukung oleh sebuah sistem operasi yang canggih. Smartphone sebagai sebuah produk teknologi komunikasi baru hadir diberbagai kalangan masyarakat dan telah menjadi fenomena sosial. Dalam hal ini, peneliti meneliti para mengguna smartphone di kelurahan Sidosermo Surabaya. Ada dua persoalan dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimanakah peran smartphone dalam menunjang kegiatan komunikasi penggunanya ? dan (2) Bagaimana masyarakat kelurahan Sidosermo menggunakan smartphone sebagai gaya hidup ?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami peran smartphone dalam menunjang kegiatan komunikasi seseorang dan mengetahui seperti apa komunikasi masyarakat kelurahan Sidosermo menggunakan smartphone sebagai gaya hidup. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi struktur serta obsevasi lapangan. Responden pada peneltian ini berjumlah sepuluh orang, yaitu 4 orang pekerja, 4 orang mahasiswa dan 2 orang siswa.
Penelitian ini menemukan hasil-hasil sebagai berikut : (1) Smartphone merupakan media yang mempunyai peran yang cukup signifikan dalam menunjang kegiatan komunikasi seseorang, (2) Berbagai fasilitas dan kemampuan yang terdapat pada smartphone membuat banyak orang menggunakannya sebagai media komunikasi, (3) Terdapat kecenderungan bahwa masyarakat menggunakan smartphone sebagai bagian dari gaya hidup untuk menjadi seseorang yang modern atau sebagai sarana untuk mengikuti perkembangan zaman.
Bertolak dari penelitian ini, beberapa sarana yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi para pengguna smartphone dan masyarakat adalah (1) Pengguna smartphone harus dapat bersikap bijak dalam menghadapi kemajuan teknologi, terutama dalam penggunaan smartphone. Jangan sampai para penggunanya menjadi budak perkembangan teknologi dan sebaiknya tetap bersikap rasional dalam mengambil keputusan, (2) Gaya hidup memang boleh berubah, namun perubahan tersebut hendaknya masih dalam kategori wajar dan tidak menyebabkan pergeseran nilai-nilai yang berlaku. Diperlukan juga adanya kontrol dari masyarakat untuk mencegah penyimpangan sosial yang diakibatkan oleh penggunaan smartphone.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nikmah hadiati S.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasihin, Ahmad MisbahunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Uncontrolled Keywords: Smartphone; Media komunikasi; Gaya Hidup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:03
Last Modified: 05 Feb 2015 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item