Eksistensi taklik talak sebagai perjanjian perkawinan dalam Islam: studi pengembangan pada masyarakat Melayu Sambas di Desa Tebas Sungai Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asman, Asman (2018) Eksistensi taklik talak sebagai perjanjian perkawinan dalam Islam: studi pengembangan pada masyarakat Melayu Sambas di Desa Tebas Sungai Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Asman_F02916204.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mertimbangkan bahwa adannya pro dan kontra pada Masyarakat Melayu Sambas terutama terhadap tokoh agama tentang taklik talak sebagai perjanjian dalam Islam. Dengan metode penelitian kualitatif yang bersifat fenomenologi pengamatan di lapangan, penulis ingin mendeskripsikan bagaimana eksistensi taklik talak sebagai perjanjian perkawinan dalam Islam itu sendiri dan praktiknya pada Masyarakat Melayu Sambas serta alasan terjadinya pro dan kontra terhadap tokoh agama. Kenyataanya bahwa hampir setiap calon pasangan suami isteri dalam perkawinan pada Masyarakat Melayu Sambas tidak mengucapkan sighat taklik talak oleh suami terhadap isterinya setelah ijab qobul, hanya mengetahui sudah tertulis atau tercantum di dalam buku nikah tanpa di beritahukan kepada pasangan suami isteri. Walaupun taklik talak telah dituliskan dalam surat nikah bukan sebuah kewajiban untuk diucapkan, akan tetapi sekali taklik talak telah diucapkan maka taklik talak tersebut tidak dapat dicabut kembali. Apabila perjanjian yang telah disepakati bersama suami isteri, tidak dipenuhi oleh salah satu pihak, maka pihak lain berhak untuk mengajukan persoalannya ke Pengadilan Agama untuk menyelesaikanya. Penelitian menyimpulkan bahwa terjadinya pro dan kontra terhadap taklik talak sebagai perjanjian perkawinan dalam Islam di akibatkan oleh kurangnya pengetahuan tentang UU Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 pasal 29 tentang perjanjian perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam Pasal 46 tentang taklik talak. Serta kurangnya sosialisasi dari pihak terkait yaitu KUA melalu penyuluh agama dan BP4 yang ada di Desa Tebas Sungai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asman, Asmanraja.asman86@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perjanjian
Nikah > Nikah - Ijab Kabul
Keywords: Taklik talak
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Asman Asman
Date Deposited: 11 Apr 2018 04:07
Last Modified: 11 Apr 2018 04:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24095

Actions (login required)

View Item View Item