تأثير تطبيق طريقة غرائدا لترقية مهارة القراءة من كتاب العربية للناشئين في مدرسة نور الهدى العاليةسيداتى- سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marini, Santi Evi (2010) تأثير تطبيق طريقة غرائدا لترقية مهارة القراءة من كتاب العربية للناشئين في مدرسة نور الهدى العاليةسيداتى- سيدوارجو. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Santi Evi Marini_D02206067.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada dasamya adalah proses penambahan informasi dan kemampuan atau kompetensi baru. Ketika kita berfikir informasi dan kompetensi, maka kita juga akan berfikir tentang metode yang digunakan untuk mencapai informasi dan kompetensi tersebut agar dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Telah kita ketahui bersama bahwa metodologi pembelajaran khususnya bahasa arab mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Terdapat berbagai macam metode yang dignnakan dalam pembalajaran bahasa arab, mulai dari metode yang sederhana sampai metode yang dibantu dengan alat- alat teknologi yang sudah maju seperti LCD, proyektor dan lain- lain. Metode- metode ini muncul dari berbagai macam latar belakang, mulai dari pengalaman mengajar seorang guru sampai pengaplikasian dari metode pembelajaran lainnya. Pada penelitian ini, penulis memiliki pengalaman mengajar pada waktu PPL tepatnya pada maharoh al qiro'ah, dalam proses pembelajaran berlangsung banyak diantara murid- murid yang kesulitan dalam menerjemahkan kata- kata yang terdapat pada bacaan. Kebanyakan dari mereka terlalu menggantungkan pada penyediaan arti kata yang terdapat pada LKS. Dari sinilah peneliti mencoba mengaplikasikan metode terjemah al-qur'an kedalam metode pembelajaran bahasa arab pada maharo al-qiro'ah. Metode ini adalah metode Granada. Metode ini terdapat empat langkah dalam pembelajarannya. Akan tetapi dalam penelitian ini penulis hanya menggunakan rumus- rumus Granada dan dibantu dengan kamus arab-indonesia saja. Karena kedua aspek tersebut sangat diperlukan dalam menerjemahkan bacaan pada maharo al-qiro'ah. Adapun tujuan penulis adalah untuk mengetahui penerapan metode Granada, pengaruh penerapan metode Granada, dan kemampuan siswa pada maharo al-qiro'ah sebelwn dan sesudah menggwtakan metode Granada. Dalam penelitian ini sifatnya deskriptif kuantitatif. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode eksperimen, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan siswa, penulis mengguanakan rumus T-tes. Sebagai basil peneliti dapat kami simpulkan bahwa penerapan metode Granada memiliki efek baik bagi kemampuan siswa dalam menerjemahkan bacaan. Ini terlihat dari basil perhitungan nilai siswa dengan menggunakan nunus T-tes. Terjadinya perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan rumus Granada.lni terlihat dari hasil perhitungan yang menunjukan to sebesar 18,34 dan tt sebesar 1,734 dan 2,552, yang dapat kami simpulkan sebagai berikut : 2,552< 18,34>1,734 maka hipotesis Ho yang menyatakan adanya peningkatan kemampuan siswa pada maharo al-qiro'ah di sekolah aliyah "Nurul Huda" Sedati Sidoarjo. Sehingga metode Granada ini membantu siswa meneljemahkan bacaan untuk memahami isinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marini, Santi EviUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab; metode granada; maharo al-qiro’ah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2018 02:51
Last Modified: 10 Apr 2018 02:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24090

Actions (login required)

View Item View Item