Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME pada materi belah ketupat dan layang-layang di kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Taman-Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syifa', Dina Aienis (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME pada materi belah ketupat dan layang-layang di kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Taman-Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dina Aienis Syifa'_D04206046.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keluhan tentang kesulitan belajar masih banyak dijumpai. Khususnya pada mata pelajaran matematika yang kebanyakan orang atau siswa menyebutnya sebagai momok. Kesulitan belajar yang ditimbulkan tersebut tidak. semata-mata hanya karena materi yang sulit, bisa juga disebabkan oleh cara guru menyampaikan materi dimana siswa terlihat pasif, karena guru dalam penyampaian materi dengan berceramah tanpa penekanan pada pemahaman konsep yang dibangun sendiri oleh siswa Agar suatu konsep tersebut masuk ke memori jangka panjang,salah satu caranya yaitu siswa harus membangun konsep tersebut dengan bekerja sama dalam suatu kelompok. Untuk mengatasi masalab tersebut maka pemiliban langkah langkah pembelajaran untuk mengoptimalkan basil belajar siswa sangat penting. Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat cocok untuk membuat siswa terlihat aktif dalam proses belajar mengajar, dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD akan terjadi proses pembelajaran matematika yang berlangsung secara interaktif yang sesuai dengan karakteristik RME yaitu interaktifitas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah tmtuk mendeskripsikan: (i) kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP (ii) Ketuntasan basil belajar siswa (iii) Interaksi siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME. Penelitian ini dilakukan dikelas MTs Muhammadiyah 1Taman-Sidoarjo dengan menggunakan rancangan penelitian One Shot-Case Study. Untuk memperoleh data kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP dan interaksi siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME dilakukan pengamatan dengan menggunalan instrumen lembar pengamatan, dan data basil belajar siswa diperoleh dari basil kinetja siswa dan basil tes akhir. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (i) kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP dalam kegiatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME tergolong sesuai,(ii) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai, (iii) Interaksi siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif Tipe STAD dengan pendekatan RME adalah interaksi siswa yang paling menonjol adalah interaksi siswa - siswa sebesar 26,300/o, interaksi siswa - media sebesar 22,38%, untuk interaksi siswa- guru sebesar 16,64%, interaksi siswa- media -siswa sebesar 22,29% dan interaksi siswa- media- guru sebesar 12,39% .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syifa', Dina AienisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; tipe STAD; RME
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2018 08:27
Last Modified: 09 Apr 2018 08:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24085

Actions (login required)

View Item View Item