Peningkatan kemampuan membaca siswa materi Huruf Hijaiyah dengan menggunakan media Kartu mata pelajaran Al Qur'an Hadits Kelas I MI Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hariyati, titin (2018) Peningkatan kemampuan membaca siswa materi Huruf Hijaiyah dengan menggunakan media Kartu mata pelajaran Al Qur'an Hadits Kelas I MI Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Titin Hariyati_D77212049.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berasal dari kemampuan membaca materi huruf hijaiyah tanpa tanda baca maupun di sertai tanda baca yang dilaksanakan di MI Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo pada kelas I belum sepenuhnya mampu untuk membaca huruf hijaiyah tanpa tanda baca maupun disertai tanda baca. Hal ini dikarenakan pembelajaran di RA langsung dikenalkan dengan huruf hijaiyah yang sudah berkharakat fathah, sedangkan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas I terdapat materi tentang melafalkan huruf-huruf hijaiyah sebelum dan sesudah disertai tanda baca. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media kartu dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa materi huruf hijaiyah Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas I MI Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo?, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca pada materi huruf hijaiyah mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui media kartu pada siswa kelas I MI Darussalam Sidodadi Taman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, non tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dari pra siklus, siklus I dan siklus II dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) penerapan media kartu berjalan dengan baik melalui perbaikan pada refleksi di setiap siklus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil peningkatan aktifitas guru dan aktifitas peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktifitas guru memperoleh 83,7 dengan kriteria baik , kemudian pada siklus II meningkat menjadi 96,65 dengan kriteria sangat baik. Aktifitas peserta didik pada siklus I memperoleh 81,25 dengan kriteria baik, dan siklus II meningkan menjadi 91,6 dengan kriteria sangat baik. (2) peningkatan kemampuan membaca peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi huruf hijaiyah mendapat nilai rata-rata hasil performan pada pra siklus 67,57 dengan kriteria cukup, siklus I 77,39 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 86,95 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 43% dengan kriteria kurang, siklus I mendapat 71% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan kriteria baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hariyati, titintitinhariyati2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca Huruf Hijaiyah; Media Kartu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hariyati Titin
Date Deposited: 20 Apr 2018 02:54
Last Modified: 20 Apr 2018 02:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24081

Actions (login required)

View Item View Item