TAHLIL AL AHTHA’ AL IMLAIYAH FI KITABAH AL HAMZAH LADA THULAB QISM AL LUGHAH FI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH KRATON PASURUAN 2014 M: DIRASAH TAHLILIYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanik, Umi (2015) TAHLIL AL AHTHA’ AL IMLAIYAH FI KITABAH AL HAMZAH LADA THULAB QISM AL LUGHAH FI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH KRATON PASURUAN 2014 M: DIRASAH TAHLILIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

“Hamzah” merupakan salah satu huruf Hija’iyah yang terletak sebelum huruf “Ya” dalam urutan al-Faba’i dan juga merupakan huruf yang bisa menerima harakat/ syakal. Adapun keunikannya, terletak pada tata cara penulisan yang sangat variatif sesuai dengan pedoman yang telah disepakati oleh ahli bahasa.
Dalam realita yang ada, terdapat banyak siswa-siswi jurusan bahasa yang masih salah dalam penulisan Hamzah, baik Hamzah Ibtida’iyah (Hamzah Qatha’ dan Hamzah Washal), Hamzah Mutawassithah maupun Hamzah Mutatharrifah.
Pembahasan ini memiliki dua rumusan masalah; pertama, apa saja bentuk kesalahan tulisan Hamzah siswa-siswi jurusan bahasa di Madrasah Aliyah Negeri Kraton Pasuruan? kedua, apa saja sebab terjadinya kesalahan tulisan Hamzah siswa-siswi jurusan bahasa di Madrasah Aliyah Negeri Kraton Pasuruan? dengan tujuan dapat mengetahui dan mengungkap bentuk-bentuk kesalahan siswa-siswi dalam penulisan Hamzah dan berusaha mengetahui sebab-sebab terjadinya kesalahan tersebut serta pembenahannya.
Peneliti menggunakan metode Deskriptif Dokumentatif, yaitu peneliti mengumpulkan data dari lembar penulisan siswa-siswi, untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam lembaran-lembaran tersebut. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan; pertama, mengumpulkan data lembar siswa-siswi; kedua, mengidentifikasi kesalahan; ketiga, menjelaskan kesalahan; keempat, mengevaluasi kesalahan.
Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan empat bentuk kesalahan, yaitu: kesalahan dalam penulisan Hamzah Qatha’, Hamzah Washal, Hamzah Mutawassithah dan Hamzah Mutatharrifah. Mayoritas bentuk kesalahan tersebut terdapat pada penulisan Hamzah Qatha’. Adapun sebab terjadinya kesalahan, yaitu: memukul rata kaidah yang diketahui dan ketidak tahuan terhadap kaidah yang telah disepakati oleh ahli bahasa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ngatik Muhammad Romdhon
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanik, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Kesalahan; Tulisan; Hamzah; Bahasa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2015 03:22
Last Modified: 23 Oct 2015 03:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item