Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian karawitan Sekar Gending di Desa Clebung Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Anisah (2011) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian karawitan Sekar Gending di Desa Clebung Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisah Islamiyah_D01207111.pdf

Download (885kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena kelestarian budaya Indonesia khususnya seni karawitan yang memang dizaman modern ini jarang dijumpai. Padahal kebudayaan Negara yang telah ada yang sungguh-sungguh adhi luhung (indah sekali), penuh dengan estetika, keharmonisan, ajaran-ajaran, filsafat-filsafat, tatakrama, kemasyarakatan, toleransi, pembentukan manusia-manusia yang bermental Iuhur/jujur/ksatria, tidak lepas pula sebagai faktor pendorong insan dalam beribadah terhadap Tuhan seru sekalian alam, yaitu dengan sarana ketja keras dan i'tikad baik memetri/menjagalmenyempurnakan seni dan budaya sendiri. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalamnya sangatlha banyak namun hal itu sering kali tidak disadari oleh masyarakat umum. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana praktek kesenian karawitan Sekar Gending di desa Clebung kecamatan Bubulan kabupaten Bojonegoro 2) Bagaimana Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kesenian karawitan Sekar Gending. Penelitian ini dilakukan di desa Clebung kecamatan Bubulan kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Yaitu penelitian yang bertujuan umtuk menggambarkan suatu fenomena tertentu dengan bertumpu pada prosedur-prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau Iisan dari orang-orang dan perilaku secara holistic (utuh). Dalam penelitian deskriptif kualitatif data-data yang dikumpulkan bukan berupa angka­ angka, melainkan data tersebut berupa naskah wawancara, dokumen pribadi, catatan lapangan, dan dokumen-dokumen resmi lainnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode dalam mengumpulkan data-data penelitian, diantaranya yaitu metode demonstrasi, metode, dokumentasi n metodewawancara. Analisis data pertama yang peneliti Iakukan adalah dengan membaca sekaligus mengkaji secara mutlak dan mendalam apakah memang ada nilai­ nilai pendidikan Islam dalam seni karawitan sekar gending dan sekaligus usaha untuk mengetahui bentuk nilai-nilai pendidikan Islam dalam seni karawitan sekar gending tersebut. Langkah yang kedua menafsirkan data dan disesuaikan dengan teori, yang ketiga tnenyimpulkan seeluruh dari basil penafsiran. Melalui tekhnik analisis data tersebut maka dapat diketahui bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam dalam karawitan Sekar Gending, diantaranya yaitu unsure dakwah yang ada baik dalam instrument naupun tembangnya, kemudian nilai estetika, nilai akhlak atau etika, yakni dala n bentuk nilai kejujuran, nilai tanggung jawah dan rcndah hati, serta nilai ketukunan. Nilai aqidah, didalam seni Karawitan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, AnisahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesenian
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan Islam; kesenian karawitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2018 04:17
Last Modified: 09 Apr 2018 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24072

Actions (login required)

View Item View Item