Keefektifan penggunaan metode proyek dan investigasi pada pokok bahasan statistika di kelas XI IPA 3 SMA Wachid Hasyim 2 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Qurrota (2010) Keefektifan penggunaan metode proyek dan investigasi pada pokok bahasan statistika di kelas XI IPA 3 SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrota A'yun_D34205003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Beberapa orang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang menekankan pada siswa untuk menghafal serta membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya. Walaupun banyak juga orang yang mengakui manfaat matematika yang telah dirasakan dalam kehidupan. Untuk mengatasi hal in guru bisa melibatkan siswa secara langsung dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Salah satu upaya guru yaitu dengan menggunakan metode proyek dan investigasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan basil belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap penggunaan metode proyek dan investigasi pada materi statistika. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas XI IPA 3 yang beijumlah 35 siswa Rancangan dalam penelitian ini adalah one-shot-case study. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, dan metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Setelah dilakukan analisis data penelitian maka didapatkan basil sebagai berikut : aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikatakan aktif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif, dan ketuntasan basil belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas. Dari empat aspek yang diamati, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode proyek dan investigasi dikelas XI IPA 3 SMA Wachid Hasyim 2 Taman dapat dikatakan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, QurrotaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode proyek dan investigasi; Matematika; Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2018 09:33
Last Modified: 06 Apr 2018 09:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24062

Actions (login required)

View Item View Item