Hubungan penguasaan matrik dan operasi hitung bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal ilmu faraidh di Universitas Sunan Giri Fakultas Agama Islam Jurusan Ahwal al-Syahsiyyah semester IV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfiah, Erny (2011) Hubungan penguasaan matrik dan operasi hitung bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal ilmu faraidh di Universitas Sunan Giri Fakultas Agama Islam Jurusan Ahwal al-Syahsiyyah semester IV. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Erny Ulfiah_D04206080.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ilmu matematika dapat diterapkan dalam mempelajari ilmu agama,salah satu dari ilmu agama yang perhitungann dan penyelesaian masalahnya yang menggunakan matematika adalah ilmu faraidb. Seseorang yang mempelajari ilmu faraidb ini, dia tidak akan pemah lepas dari perhitungan matematika yang berbubungan dengan pecahan, karena materi pecahan ini adalah materi yang sangat mendasar untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam ilmu faraidh. Selain itu untuk mempermudah menyelesaikan masalah-masalah yang terdapat dalam ilmu faraidb ini juga dapat menghubungkan perhitungan matrik. Matrik yang digunakan untuk menyelesaikan soal-soal yang ada dalam ilmu faroidh ini dikhususkan pada sub pokok yang membahas tentang bahas matrik (matrik baris dan matrik kolom). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) hubungan penguasaan hasi1 tes matrik dengan hasil tes kemarnpuan mahasiswa menyelesaikan soal-soal faraidh, (ii) bubungan penguasaan basil tes operctSi bitung bilangan pecahan dengan basil tes kemampuan mahasiswa menye!csaikan soal-soal faraidh, (iii) bubungan penguasaan basil tes matrik, dan bubungan penguasaan hasil tes operasi hitung bilangan pecahan dengan hasil tes kemampuan mahasiswa menyelesaikan soal-soal faraidh. Penelitian ini dilakukan di semester IV Program Studi Ahwalul AJ-syahsiyyah Universitas Sunan Giri Sidoarjo dengan menggunakan metode tes untuk mengumpulkan data basi] tes penguasaan matrik, basil tes penguasaan operasi hiiw1g bilangan pecaban dan hasil tes kemampuan mahasiswa menyelesaikan soal-soal faraidh. Sedangkan untuk menguji hipotesisnya menggunakan teknik korelasi product moment dan korelasi ganda untuk menganalisis data. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan (i) terdapat korelasi antara hasil tes penguasaan matrik dengan hasil tes kemarnpuan menyelesaikan soal-soal faraidh mahasiswa dengan rhitung=O, I 0 termasuk pada hubungan yang kecil (ii) terdapat korelasi antara penguasaan hasil tes operasi hitung bilangan pecahan dengan basil tes kemampuan mahasiswa menyelesaikan soal-soal faraidh mahasiswa dengan rhitung = 0,03 termasuk pada hubungan yang kecil, (iii) terdapat korelasi antara penguasaan hasil tes matrik, dan penguasaan hasil tes operasi hitung bilangan pecahan dengan hasil tes kemampuan mahasiswa menyelesaikan soal-soal faraidh dengan rhitun It= 0. I 24 tennasuk pada hubungan yang kecil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfiah, ErnyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Penguasaan matrik; operasi hitung bilangan pecahatan; soal-soal faraidh
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2018 09:06
Last Modified: 06 Apr 2018 09:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24059

Actions (login required)

View Item View Item