Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika di kelas VII SMPN 14 Karangasem Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma 'rufah, Imarul (2011) Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika di kelas VII SMPN 14 Karangasem Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imarul Ma'rufah_D04206031.pdf

Download (6MB)

Abstract

Komunikasi matematika merupakan kegiatan dalam mengekspresikan ide-ide matematika secara lisan atau tul isan ke dengan menggunkan bahasa sendiri.kamampuan menghubungkan benda, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika menjelaskan ide-ide matematika secara lisan atau tulisan. Komunikasi matematika perlu bagi guru dan siswa dalam pembelajaran, pemahaman, dan pen.yelesaian masalah matematika. Dengan berkomunikasi matematika guru dan siswa dapat lebih mudah untuk tnempelajari matematika. Berdasarkan hal terebut maka kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kamampuan komunikasi matematika adalah dengan menerapkan strategi Think Talk Write (TTW) karena strategi ini lebih bnayak memberi kese1npatan kepada siswa untuk menggunakan kemampuan komunikasinya. Dalam strategi ini siswa mendapatkan ide-ide pada tahap think, mengungkapkan secara lisan pada tahap talk, dan menuliskan pada tahap write. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan:(1) Bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematika setelah proses pembelajaran menggunakan strategi Think Talk 1flrite (TTW) di kelas VJI SMPM 14 Karangasem? (2)Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunkan strategi Think Talk Write(TTW)di kelas VII SMPM 14 Karangasem?;(3) Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) di kelas VII SMPM 14 Karangasem?;(4) Bagaimana respon siswa setelah proses pembelajaran menggunakan strategi Think Talk J;Vrile (TTW) di kelas VII SMPM 14 Karangasetn? Penclitian ini dilaksanakan di kelas VII C SMPM 14 Karangasem selama 4 kali pertemuan pada tanggal 20 Nopember 2010 s/d 23 Nopember 2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket. Metode observasi digunakan untuk tnetnperoleh data aktivitas siswa dan kematnpuan guru dalam mengelola penbelajaran. Metode tes digunakan untuk tnengetahui kemampuan komunikast mate1natika siswa. Sedangkan tnetode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai respon sis,va terhadap pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma 'rufah, ImarulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Strategi Think Talk Write; pembelajaran Matematika; komunkasi Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:14
Last Modified: 06 Apr 2018 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24056

Actions (login required)

View Item View Item