Penggunaan jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung secara cepat dan tepat sub materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa Sekolah Dasar

Hazimah, Saniyatul (2011) Penggunaan jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung secara cepat dan tepat sub materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Saniyatul Hazimah_D04206041.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam matematika dikenal berhitung. Tujuan utama dari proses berhitung adalah membangun logika dan mental. Di dalam berhitung terdapat metode berhitung dengan memanfaatkan jari tangan yang dinamakan jarimatika. Jarimatika merupakan cara berhitung dengan menggunakan jari yang di dalamnya terdapat beberapa aturan sederhana, ternan kecil, ternan besar dan gabungan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (i) penggunaan jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung secara cepat dan tepat dengan menggunakan jarimatika, (ii) reaksi awal siswa ketika menggunakan jarimatika, dan (iii) respon siswa dalam menggunakan jarimatika. Penelitian ini dilakukan di kelas IV B SON Margorejo V Surabaya dengan menggunakan metode tes untuk mengumpulkan data tentang kemampuan berhitung siswa dengan menggunakan jarimatika. Metode pengamatan, untuk melihat reaksi awal siswa ketika menggunakan jarimatika, dan metode wawancara untuk melihat respon siswa dalam menggunakan jarimatika. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan (i) dari basil TKB I, TKB II, dan TKB m prosentase tingkat kemampuan berhitung tertinggi yaitu sangat baik dan cepat mengalami penurunan dengan rincian 41,18 %, 34,48 %, dan 58,62% sehingga belum terlihat peningkatan kemampuan berhitung dengan menggunakan jarimatika, (ii) menunjukkan keberhasilan dalam reaksi awal siswa dengan kriteria sangat berbasil dan berbasil, dan (iii) wawancara respon siswa terlihat positif karena dari sebelas siswa yang dijadikan subjek wawancara banyak yang menyatakan faham, tepat, cepat, dan memperoleh skor yang memuaskan dalam mengerjakan TKB I dengan menggunakan jarimatika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Kusaeri, Kusaeri
Uncontrolled Keywords: Jarimatika; kemampuan berhitung; sub materi penjumlahan dan pengurangan
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2018 07:04
Last Modified: 05 Apr 2018 07:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24048

Actions (login required)

View Item View Item