Urgensi bimbingan dan konseling di Perguruan Tinggi: studi kasus di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam lAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Fitrotin (2009) Urgensi bimbingan dan konseling di Perguruan Tinggi: studi kasus di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam lAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitrotin Khasanah_D33205004.pdf

Download (635kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan, penulis mengangkat masalah ini karena penulis melibat banyaknya masalah yang dihaclapi mahasiswa di perguruan tinggi khususnya di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam lAIN Sunan Ampel Surabaya. Masalah yang dihadapi mahasiswa di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam sangat beragam baik masalah belajar, sosial, karir maupun pribadi. Dilihat dari banyaknya masalah yang dihadapi mahasiswa, maka bal itu memerlukan bimbingan dan konseling dari Dosen Pembimbing. Oleb karena itu, penulis merumuskan bebempa rumusan masalah antara lain bagaimana bimbingan dan konseling di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam lAIN Sunan Ampel Surabaya, bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseJing di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidibn Islam lAIN Sunan Ampel Surabaya dan bagaimaua mgensi bimbingan dan konseling di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam lAIN Sunan Ampel Smabaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yakni penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepereayaan, persepsi sel1apemikiran orang secara individual maupun kelompok. Langkah-langkah dalam metode ini adalah sumber data dalam kondisi yang sewajarnya artinya mengungkap masalab nyata di lingkungan somber da1anya, data yang dignnakan bersifat deskriplif artinya data yang pada mnumnya berbentuk uraian atau kalimat yang merupabn informasi mengenai keadaan sebagaimana adanya sumber data dalam hubungmnya dengan masalah yang diselidiki. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, bahwa bimbingan dan konseling di Fakultas Tatbiyah Jurusan Kependidikan Islam lAIN Sunan Ampel Smabaya belmn ada karena ada beberapa kendala,salah satunya adalah kurangnya dosen yang mempunyai latar pendidikan tentang bimbingan dan konseling. Dari penjelasan di atas, kesimpulannya adalah pemberian bimbingan dan konseling di pergmuan tinggi itu sangat penting khususnya di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam lAIN Sunan Ampel Surabaya karena banyak dan beragamnya masalah yang dihadapi mahasiswa Jurusan Kependidikan Islam. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan masalah tersebut memerlukan bantuan dari orang lain atau dosen pembimbing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, FitrotinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Perguruan Tinggi
Keywords: Bimbingan dan Konseling; Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2018 07:21
Last Modified: 04 Apr 2018 07:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24038

Actions (login required)

View Item View Item