Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs al Fithrah Kedinding Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kunawi, Kunawi (2011) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs al Fithrah Kedinding Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Kunawi_D54207022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Profesionalisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian. Guru profesional itu sendiri adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran. Ketiga, kemampuan guru dalam melaksanakan clan memimpin/mengelola proses belajar mengajar. Dan keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua bentuk metode penelitian. Pertama, penulis menggunakan metode penelitian library research, melalui penelitian ini penulis berusaha mengkaji buku-buku serta tulisan ilmiah yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam skripsi ini. Kedua, menggunakan penelitian field research, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke MTs Al Fithrah Surabaya. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dengan studi dokumentasi. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil pene1itian bahwa kepala sekolah sudah dan sedang berupaya meningkatkan pembelajaran di MTs Al Fithrah Surabaya, menuju yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kunawi, Kunawi--UNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah; kualitas pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2018 06:50
Last Modified: 04 Apr 2018 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24036

Actions (login required)

View Item View Item