Pemikiran politik ekonomi Tan Malaka: studi pustaka gerilya politik ekonomi Tan Malaka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al-Farisi, Salman (2012) Pemikiran politik ekonomi Tan Malaka: studi pustaka gerilya politik ekonomi Tan Malaka. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Salman al Farisi_E04205007.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yang pertama adalah bagaimana pemikiran politik ekonomi Tan Malaka (Studi Pustaka Gerilya Politik Ekonomi Tan Malaka) kemudian yang kedua menjadi fokus studi pustaka ini adalah bagaimana relevansi pemikiran Tan Malaka dalam konteks Indonesi kekinian. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif-induktif. Sedangkan cara yang digunakan dalam pencarian data adalah penelitian kepustakaan (library research) 1 dengan membacakarya-karya Tan Malaka sebagai sumber primer dan buku-buku yang membahas pemikiran Tan Malaka sebagai sumber sekunder. Kesimpulan dalam skripsi ini bahwa dalam revolusi Indonesia tidak berhenti pada revolusi politik semata-mata, namun revolusi yang lebih global sifatnya, mulai dari revolusi menghapuskan feodalisme, revolusi kemerdekaan dan revolusi sosial. Dalam pandangan politiknya Tan Malaka menginginkan Indonesia menganut ideology sosialime, karena Tan Malaka menganggap sosialismelah yang pas dengan kondisi cultur dan pemikiran rakyat Indonesia. Sedangkan kapitalisme menurut Tan Malaka di anggap sebagai monopoli barat terhadap negara dunia ketiga yang dalam hal ini adalah Indonesia. Secara konseptual sistem ekonomi Indonesia adalah kerakyatan (Pancasila), dalam prakteknya mempunyai kecenderungan kearah sistem ekonomi kapitalistik yang meliberalisasikan seluruh •sumber daya ekonomi yang ada. Pada orde reformasi ini, kepentingan pasar sangat dominan atas segala arab kebijakan dan ukuran keberhasilannya sehingga masyarakat sebagai subyek dalam hal ini dijadikan obyek ekonomi belaka. Tan Malaka dalam konsep ekonomi politiknya menolak kapitalis di Indonesia, Sikap ini bertolak belakang dengan konteks ekonomi politik Indonesia hari ini, dimana liberalisasi ekonomi sedang berlangsung. Serta adopsi pemikiran barat yang secara langsung di adopsi oleh Indonesia. Ini menjadi kebijakan yang merugikan rakyat Indonesia, dan mengagungkan pemilik modal dan investor asing yang semakin besar setiap tahunnya. Korban dari kebijakan ini menurut konsep Tan Malaka adalah rakyat Indonesia, dimana notabeni masyarakat Indonesia masih lemah dalam sektor pengetahuan dan ekonomi. Sehingga terbentuklah strata sosial di tengah masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al-Farisi, SalmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Politik
Pemikiran
Uncontrolled Keywords: Pemikiran; politik ekonomi; Tan Malaka
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2018 04:08
Last Modified: 04 Apr 2018 04:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24033

Actions (login required)

View Item View Item