Penerapan disiplin belajar dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Ar Risalah Lirboyo Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiq, Ainur (2009) Penerapan disiplin belajar dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Ar Risalah Lirboyo Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rofiq_D03205037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan disiplin belajar adalah salah satu peraturan yang diterapkan di SMP Ar-Risalah untuk meningkatkan prestasi belajar para siswanya. Yang hal ini di wujudkan dengan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk selalu belajar dan bersahabat dengan ilmu. Penerapan disiplin belajar, merupakan langkah yang cukup progresif untuk mempersiapkan para siswa mampu bersaing, berperan aktif, efektif dan cerdas dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi.Agar pelaksanaan penerapan disiplin belajar dapat di wujudkan atau direalisasikan dengan tingkat pencapaian yang tinggi, maka harus didukung dengan berbagai komponen yang ada dalam lembaga tersebut. Penelitian dalam Skripsi ini dilakukan untuk mengkaji Penerapan Disiplin Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan disiplin belajar yang ada di SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri, bagaimana prestasi siswa SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri, dan bagaimana penerapan disiplin belajar dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakuka'l dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Metode observasi penulis lakukan dengan mengamati langsung pada obyek penelitian untuk mendapatkan gambaran yang akan di teliti. Sedangkan metode interview penulis lakukan dengan cara bertatap muka dan melakukan tanya jawab dengan salah satu guru SMP Ar-Risalah untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran langsung penerapan disiplin yang ada di SMP Ar-Risalah. Sedangkan dokumentasi penulis mendapatkan data baik dari buku, catatan, laporan, dan sebagainnya. Kemudian data dianalisa menggunakan reduksi data, yaitu dengan mengiktiarkan hasil pengumpulan data, mengembangkan data atau informasi, kemudian melakukan pengelompokan data, dan membuat kesimpulan berdasarkan data-data yang telah diolah sehingga menjamin kevalidan sebuah penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan disiplin belajar di SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan dengan efektif dan mengalami peningkatan yang signifikan atau tergolong baik, Dan peningkatan prestasi siswa di SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri, setelah adanya penerapan disiplin belajar mengalami peningkatan dalam pencapaian hasil prestasi yang cukup cemerlang dari tahun ke tahun, hal ini berdasarkan pada nilai hasil UAN yang beberapa tahun terakhir meraih NEM tertinggi se-kota Kediri. Dan meluluskan siswanya dengan angka prosentase 100%. Sedangkan implikasi penerapan disiplin belajar di SMP Ar-Risalah mempunyai dampak yang signifikan pada peningkatan prestasi siswa, baik di bidang akademik maupun ektrakurikuler.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiq, Ainur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Disiplin belajar; prestasi siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2018 08:42
Last Modified: 03 Apr 2018 08:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24024

Actions (login required)

View Item View Item