Studi komparasi perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi guided teaching di SMP Negeri 1 Sidayu Gresik

Albas, Muhammad Abdad (2010) Studi komparasi perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi guided teaching di SMP Negeri 1 Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Abdad Albas_D21206265.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini proses pembelajaran menuntut siswa yang lebih aktif dibandingkan guru. Siswa harus mengkonstruk pengetahuan mereka sendiri, maka diadakan strategi pembelajaran yang nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Karena itu penulis tertarik untuk meneliti bagaimana prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi guided teaching. Dari latar belakang tersebut dapat dirimuskan : pertama, bagaimana prestasi belajar siawa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) yang menggunakan strategi guided teaching di SMP Negeri 1 Sidayu Gresik; Kedua, bagaimana prestasi belajar siawa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang tidak menggunakan strategi guided teaching di SMP Negeri 1 Sidayu Gresik; Ketiga, adakah perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi guided teaching. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dimana analisisnya menggunakan statistik komparasional. Dalam hal ini teknik pengumplan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agarna Islam (PAI) yang menggunakan strategi guided teaching menggunakan rumus "t-hit" (uji-t). Setelah penelitian dilakukan dan menganalisis data-data prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAD yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi guided teaching, maka nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menggunakan strategi guided teaching adalah 81, 15 % dengan prosentase yang lebih dari rata-rata adalah 80,8 % dan yang kurang dari rata-rata sebesar 19,2 %, sedangkan yang tidak menggunakan stategi guided teaching adalah 72,69% dengan prosentase yang lebih dari rata-rata adalah 42,3 % dan yang kurang dari rata-rata sebesar 57,7 % Kemudian dibandingkan atau dokonsultasikan dengan t-tabel (t-tab) yang sesuai dengan jumlah sample pada derajat perbedaan/dbN 50 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 2,000. sedang basil t-hitung (t-hit) adalah 3,34. dengan demikian hasil t-hitung (t-hit) lebih besar dari pada t-tabel (t-tab) yaitu 3,34 > 2,000. maka dapat penulis simpulkan bahwa hipotesa kerja (Ha) diterima sedangkan Hipotesa Nihil (Ho) ditol artinya ada perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi guided teaching di SMP Negeri 1 Sidayu Gresik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: ., .
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; mapel PAI; strategi guided teaching
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:41
Last Modified: 02 Apr 2018 07:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24006

Actions (login required)

View Item View Item