Sholat Jumat bersamaan pada Hari Raya dalam Sunan Abi Daud no. indeks 1070

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Siti (2008) Sholat Jumat bersamaan pada Hari Raya dalam Sunan Abi Daud no. indeks 1070. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Rohmah_E03303023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Shalat jum'at merupakan ritual wajib bagi umat Islam, tetapi ketika shalat Jum'at bertepatan dengan hari raya, ada sebagian masyarakat yang menganggap bahwa seseorang diperbolehkan untuk tidak melakukan shalat Jum'at dengan bersandar pada hadits Abu Daud nomor indeks 1070. Ada juga sebagian masyarakat yang menentangnya dengan dalih bahwa fardlu tidak bisa digugurkan oleh shalat sunnah. Untuk menjawab permasalahan ini, penulis meneliti hadits tersebut dengan menggunakan metode kualitatif, dan menggunakan pendakatan ushul hadits, dan historis. Dari penelitian tersebut, penulis menemukan bahwa hadits Abu Daud nomor indeks I 070 bisa dibuat pegangan karena statusnya sebagai hadits shahih Ii ghairihi. Namun hadits tersebut tidak bisa dipahami secara datar. Artinya Nabi memberikan dispensasi untuk meninggalkan shalat Jum'at ketika bertepatan dengan hari raya, bagi orang yang rumahnya jauh dari masjid karena ada unsur masyaqqah. Dengan demikian, bagi orang yang rumahnya dekat dan tidak ada unsur masyaqqah, maka wajib melaksanakan shalat Jum'at walaupun bertepatan dengan hari raya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Uncontrolled Keywords: Sholat Jumat; Hari Raya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:27
Last Modified: 02 Apr 2018 06:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24003

Actions (login required)

View Item View Item