Peranan media LCD proyektor terhadap meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Sidoarjo

Fadli, Harisudin (2010) Peranan media LCD proyektor terhadap meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Harisudin Fadli_D31206071.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan bidang pengetahuan khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat untuk selanjutnya berpengaruh terhadap pola komunikasi di masyarakat. Tuntutan masyarakat yang semakin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan pola tradisional, karena cara ini tidak sesuai lagi dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Upaya yang dilakukan dalam rangka memenuhi tuntutan itu adalah dengan jalan memanfaatkan teknologi pendidikan atau mengelola pendidikan, khususnya proses belajar melalui pendekatan teknologis. Dengan Teknologi pendidikan memungkinkan 1. Penyebaran informasi secara meluas, merata, seragam. 2.. Teknologi pendidikan dapat menyajikan materi secara logis, ilmiah, dan sistematis serta mampu melengkapi, menunjang, memeperjelas konsep- konsep prinsip- prinsip atau preposisi materi pelajaran. 3. Teknologi pendidikan menjadi patner guru dalam rangka mewujudkan proses belajar mengajar yang efektif, efisien dan produktif. 4. Teknologi pendidikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar, dapat menyajikan materi lebih menarik, Salah satunya yang sekarang banyak dipakai dalam belajar adalah LCD Proyektor. LCD Proyektor adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan tampilan komputer ke dinding atau ke layar. Perangkat ini biasanya digunakan untuk presentasi dihadapan banyak orang, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peranan. media pembelajaran yaitu media LCD Proyektor, pemahaman siswa, serta pengaruh peranan media LCD Proyektor terhadap peningkatan pemahaman siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 2 Sidoarjo. Metode penelitian yang penulis digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah pada penelitian ini adalah metode observasi, angket, ujian tes, dan sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Setelah semua data terkumpul, penulis menggunakan rumus prosentase untuk menjawab bagaim.ana peranan media LCD Proyekter dan pemahaman belajar siswa kelas XI pada materi PAl. Sedangk.an untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peranan media LCD Proyektor dalam pembelajaran PAl, peneliti menggunakan rumus "uji t", kemudian hasilnya dikonsultasikan pada tabel nilai "t" pada taraf signifikan 1% dan 5%. Hasilnya, to telah diperoleh sebesar 2,862; sedangkan tt = 2,00 dan 2,65 maka to lebih besar dari pada t., baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian hipotesis alternatif atau Ha yang menyatakan ada pengaruh peranan media Proyektor LCD memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAl kelas XI di SMA Negeri 2 Sidoarjo diterima atau disetujui.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mas’ud, Ali
Uncontrolled Keywords: Media proyektor LCD; pemhaman siswa; mapel PAI
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:52
Last Modified: 02 Apr 2018 04:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24001

Actions (login required)

View Item View Item