Kepemimpinan laki-laki atas wanita menurut penafsiran Muhammad Quraish Shihab dan Hamka (telaah Surat al-Nisa' (4) : 34)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maitasari, Rina (2009) Kepemimpinan laki-laki atas wanita menurut penafsiran Muhammad Quraish Shihab dan Hamka (telaah Surat al-Nisa' (4) : 34). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rina Maitasari_E03304026.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menurut Asghar Ali Engeener tradisi feudal yang menempatkan laki-laki interior dan perempuan secara inferior tidak memperoleh gugatan dari kalangan feminisme sebelum meletusnya revolusi di lnggris. Setelah revolusi industri banyak tenaga-tenaga perempuan dibutuhkan untuk kebutuhan produksi. Sehingga perempuan banyak terlibat aktivitas ekonomi diluar rumah. Perempuan yang awalnya hanya berdiam dirumah mulai memperjuangkan eksistensinya, yaitu menuntut peran dan fungsi yang sama dengan laki-laki. Setiap hal yang tidak sependapat dengan cita-cita emansipasi dicap diskriminasi gender. Tidak terkecuali teks, teks keagamaanpun mengalami nasib serupa, dianggap bias gender dan diskriminatif. Tulisan ini mencoba menjelaskan salah satu ayat yang dicap bias gender, yakni surat al-Nisa' (4); 34. hal ini merupakan salah satu usaha untuk mengetahui dimana sebenarnya ruang lingkup kepemimpinan tersebut ditujukan. Apakah pada ranah unum ataukah khusus (lingkup rumah tangga). Metode yang dipergunakan adalah metode muqarrin, dengan membandingkan dua tokoh tafsir terkemuka dari Indonesia, untuk diketahui persamaan dan perbedaan penafsiran mereka mengenai kepemimpinan laki-laki atas perempuan. Diharapkan hasil penelitian ini bisa menjelaskan bahwa ayat ini sama sekali tidak seperti yang dituduhkan yaitu bias gender dan diskriminatif (lebih memihak laki-laki).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maitasari, Rina--UNSPECIFIED
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan laki-laki
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:39
Last Modified: 02 Apr 2018 04:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23999

Actions (login required)

View Item View Item