Identifikasi kemampuan penalaran proporsional siswa yang diajar dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dalam menyelesaikan soal Cerita Perbandingan

Arifin, Zainal (2011) Identifikasi kemampuan penalaran proporsional siswa yang diajar dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dalam menyelesaikan soal Cerita Perbandingan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zainal Arifin_D04206019.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23993

Abstract

Masih kurangnya upaya pengembangan kemampuan penalaran proporsional pada keterampilan dan penerapan matematika menjadi penyebab masih rendahnya minat belajar dan pembentukan sikap siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan penalaran proporsional siswa dalam pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRl) pada sub materi pokok perbandingan di kelas VII-E SMPNegeri 2 Surabaya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian deskriptif-kualitatif dengan mengambil subjek sebanyak tujuh siswa dengan sebelumnya membagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok A (atas), B (tengah), dan C (bawah) berdasarkan nilai rapot terakhir mata pelajaran matematika dan dengan pertimbangan dari guru matematika di sekolah tersebut. Penelitian ini diawali dengan memberikan pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada sub materi pokok perbandingan dan diakhiri dengan pemberian tes dalam bentuk soal cerita dan dilakukan wawancara kepada ketujuh subjek untuk mengetahui gambaran kualitas kemampuan penalaran proporsionalnya. Hasil penelitian menggambarkan kualitas kemampuan penalaran proporsional siswa sebagai berikut: subjek FA, Al, SR dan LA termasuk ke dalam kategori kualitatif dan aditif. Subjek FD termasuk ke dalam kategori multiplikatif dan aditif. Subjek UF termasuk ke dalam kategori kualitatif saja. Dan, subjek TH termasuk ke dalam kategori multiplikatif dan kualitatif.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Kusaeri, Kusaeri
Uncontrolled Keywords: Penalaran proporsional; PMRI
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:51
Last Modified: 29 Mar 2018 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23993

Actions (login required)

View Item View Item