تاثير ابتكار مدرسة اللغة نحو نتائج تعلم التلاميذ بمدرسة الاءسلامية الحكومية موجوساري - موجوكرطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiri, Mohammad (2009) تاثير ابتكار مدرسة اللغة نحو نتائج تعلم التلاميذ بمدرسة الاءسلامية الحكومية موجوساري - موجوكرطا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Choiri_D02205055.pdf

Download (775kB)

Abstract

Hasil Belajar merupakan hasil dari usaha belajar yang dilaksanakan oleh siswa. Hasil belajar sangatlah penting untuk mengetahui apakah tujuan pendidikan sudah tercapai secara optimal. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya adalah guru. Guru yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kreativitas guru bahasa arab dalam proses belajar mengajar (PBM). Guru merupakan salah satu komponen pengajar dan memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar. Dari kenyataan tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang ”Pengaruh Kreativitas Guru Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari - Mojokerto”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah kreativitas guru bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari - Mojokerto, 2) Bagaimanakah prestasi belajar bahasa arab siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari - Mojokerto, 3) Bagaimana pengaruh kreatifitas guru bahasa arab terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari - Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Bagaimanakah kreativitas guru bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari - Mojokerto, 2) Mengetahui Bagaimanakah prestasi belajar bahasa arab siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari - Mojokerto, 3) Mengetahui Bagaimana pengaruh kreatifitas guru bahasa arab terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari - Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari yang berjumlah 179 siswa terbagi dalam 7 (tiga) kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus Poorposive Sampling dengan persentase 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 28 responden yang berada di kelas XI IPS 1. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kreativitas guru bahasa arab dalam proses belajar mengajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar bahasa arab siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Dari hasil analisis data menggunakan rumus tersebut di atas diketahui bahwa variabel kreativitas guru bahasa arab termasuk dalam kategori kurang kreatif dengan nilai prosentase sebesar 47,3 %, dan prestasi belajar bahasa arab siswa termasuk dalam kategori lebih dari cukup dengan rata – rata nilai sebesar 7,11. Adapun pengaruh kreativitas guru bahasa arab terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa adalah kuat yaitu 0,711. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kretivitas guru bahasa arab pengaruhnya kuat terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa. Oleh karena itu, hendaknya para pengajar selalu meningkatkan kreativitasnya dalam proses pengajaran dan tentu disertai peningkatan faktor – faktor pendukung prestasi belajar siswa lainnya, dengan demikian diharapkan tercapainya prestasi belajar siswa yang memuaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiri, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Guru
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; guru Bahasa Arab; prestasi belajar; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:12
Last Modified: 29 Mar 2018 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23990

Actions (login required)

View Item View Item