Pengaruh metode cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi tarikh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subagiyo, Hari (2011) Pengaruh metode cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi tarikh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hari Subagiyo_D01207083.pdf

Download (758kB)

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan membawa siswa pada cara yang tepat pula sehingga tujuan pengajaran dapat dicapai dengan maksimal, sehingga hasil belajar dapat diaplikasikan dalam keseharian. Metode yang diteliti oleb penulis disini adalah metode cooperative script, metode tersebut adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan untuk mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari, eksperimennya dikhususkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga penulis merumuskan pennasalahan tersebut sesuai dengan latar belakang masalah yang berpijak pada tema tersebut. Adapun rumusan masalah tersebut sebagai berikut : pertama, bagaimana penerapan metode cooperative script kelas VIII pada materi tarikh mata pelajaran PAI. Kedua, bagaimana basil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI. Ketiga, adakah pengaruh metode cooperative script terhadap basil belajar siswa kelas VIII di SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, basil belajar dan pengaruh metode cooperative script terhadap basil belajar siswa kelas VIII pada materi tarikh mata pelajaran PAI di SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo. Dengan populasi sebanyak 60 siswa, yaitu kelas VIII-1, VIII-2, VIII-3. sedangkan penelitian yang digunakan adalah penelitian populasi. Yang selanjutnya untuk mengetahui sajauh mana pengaruh metode cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi tarikh mata pelajaran PAI maka data yang diperoleb akan dianalisis dengan rumus Product Moment. Dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode cooperatieve script siswa kelas VIII pada materi tarikh mata pelajaran PAI di SMP Dbarma wanita 7 Sidoarjo bisa dikatakan cukup. Hal ini bisa dilihat dari hasil angket siswa dengan basil 79,17 % yang berarti baik. Sedangkan berdasarkan data dari dokumen, basil belajar siswa kelas vm terletak pada taraf baik hal ini dapat dilihat pada basil rata-rata belajar mencapai titik angka 78,57. Adapun untuk analisa teknik product moment data yang dianalisa ialah data tentang materi tarikh pengaruh metode cooperative script terhadap basil balajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Dharma Wanita 7 Sidoarjo. Dari perhitungan menggunakan rumus tersebut dapat dikatakan berpengaruh dengan melibat basil perhitungan dengan nilai 0,641 % berada di antara 0,40-070 pada tabel interpretasi nilai rxy yang menunjukkan bahwa variable X dan Y terdapat korelasi yang cukup atau sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subagiyo, HariUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Cooperative script; pembelajaran; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:44
Last Modified: 29 Mar 2018 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23989

Actions (login required)

View Item View Item