Peran soft skill guru PAI dalam memotivasi belajar siswa di SMP Darul Ulum Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jazilah, Khoirul (2012) Peran soft skill guru PAI dalam memotivasi belajar siswa di SMP Darul Ulum Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khoirul Jazilah_D01208140.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk membahas 2 permasalahan, yaitu (1) mengetahui soft skill guru PAl di SMP Darul Ulum Gedangan Sidoarjo; (2) Sejauhmana motivasi belajar siswa dengan adanya soft skill guru PAI di SMP Darul Ulum Gedangan Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi, yaitu untuk mengetahui tentang latar belakang, keadaan siswa, guru dan karyawan, keadaan sarana dan prasarana serta untuk mengetahui ada tidaknya peran soft skill guru PAl dalam memotivasi belajar siswa.Dan tehnik analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus standart prosentase. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I dan II dan yakni penelitian ini merupakan penelitian populasi yang mengikut sertakan semua siswa dari kelas I sampai kelas II yang berjumlah sekitar 63 siswa. Obyek penelitian skripsi ini bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Ulum Gedangan Sidoarjo. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peran soft skill guru PAI dalam memotivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Ulum Sidoarjo, berdasarkan perhitungan rumus prosentase diketahui bahwa 82.60 % jawaban responden menyatakan bahwa peran soft skill guru PAI dalam memotivasi belaj ar siswa dengan kategori baik. Disarankan : (1) kepada guru PAl agar lebih ditingkatkan soft skill yang telah ada dalam dirinya dalam upaya memotivaasi belajar siswa dan (2) dalam penelitian ini hanya menghasilkan kesimpulan tentang peran soft skill guru PAl dalam memotivasi belajar siswa, maka perlu rekomendasi penelitian lanjutan tentang pengaruh guru soft skill guru PAI terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMP Darul Ulum sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jazilah, Khoirul--UNSPECIFIED
Subjects: Guru
Uncontrolled Keywords: Soft skill; Motivasi; Guru PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2018 04:07
Last Modified: 02 Apr 2018 08:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23984

Actions (login required)

View Item View Item