Pendidikan Islam berwawasan multikultural: studi analisa nilai-nilai multikultural dalam sistem kaderisasi PMII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munir, Misbahul (2012) Pendidikan Islam berwawasan multikultural: studi analisa nilai-nilai multikultural dalam sistem kaderisasi PMII. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Misbahul Munir_D01208174.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi beberapa persoalan tentang: (1) konsep pendidikan Islam multikultural yang ada dalam agama Islam dan (2) nilai- nilai multikultural yang ada dan dilakukan dalam sistem kaderisasi PMII. Jenis penelitian ini adalah library research. Perolehan data didasarkan pada materi kepustakaan baik yang sudah dipublikasikan maupun belum terpublikasi. Data yang sudah terkumpul dianalisa dengan penguraian bertahap dari klasifikasi data, reduksi data, display data dan diakhiri dengan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Islam mengakui adanya suatu keragaman kultur atau yang sering disebut multikultural. Hal ini sejalan dengan konsep Rahmatan Lil 'Alamin yang diemban sebagai misi agama Islam itu sendiri. Untuk merealisasikan misi itu Islam menyampaikan nilai- nilainya dalam bentuk pendidikan yang nantinya dikenal dengan istilah pendidikan Islam yang berwawasan multikultural. (2) PMII sebagai salah satu organisasi mahasiswa Islam yang bemuansa kebangsaan, proses kaderisasi yang dilakukan sejalan dengan amanat pendidikan Islam multikultural. (3) Serangkaian nilai- nilai multikultural yang diajarkan dalam materi kaderisasi PMII bertumpu pada karakter tawasuth (moderat), tasamuh (toleran), tawazun (keseimbangan), adalah (adil) dan amar ma'ruf nahi munkar. Nilai- nilai tersebut diajarkan untuk diimplementasikan dalam segala sudut kehidupan, baik aqidah, syariah, tasawuf, ahlak serta pergaulan antar golongan, kehidupan berbangsa dan berbudaya. Hal ini sangat mendukung untuk terciptanya masyarakat Indonesia yang tentram dan bersatu dalam keberagaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munir, Misbahul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Pendidikan Multikultural
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:52
Last Modified: 02 Apr 2018 08:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23983

Actions (login required)

View Item View Item