Problematika guru dalam meningkatkan kualitas profesionalisme di MTs ar Rahman Nglaban Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masyithoh, Devi Agusdina (2012) Problematika guru dalam meningkatkan kualitas profesionalisme di MTs ar Rahman Nglaban Diwek Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Agusdina Masyithoh_D01208125.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Ar-Rahman Nglaban Diwek Jombang dengan rumusan masalah apa sajakah permasalahan yang dihadapi guru MTs Ar-Rahman dalam meningkatkan kualitas profesionalisme dan bagaimana upaya untuk memecahkan permasalahan tersebut. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi MTs Ar-Rahman dalam rangka meningkatkan profesionalismenya serta upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi problem tersebut. Untuk memperoleh data yang representatif dalam pembahasan skripsi ini, Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun metode penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian mcnunjukkan bahwa dalam meningkatkan profesionalismenya, guru di MTs Ar-Rahman dihadapkan pada permasalahan­permasalahan sebagai berikut: kurangnya sarana dan prasarana yang ada, ada masalah ekonomi, keadaan siswa yang kemampuan belajarnya kurang baik. Adapun cara-cara yang ditempuh untuk mengatasi atau memecahkan masalah tersebut di antaranya adalah sebagai berikut: dengan menambah sarana dan pra sarana, mengadakan forum konsultasi guru, mengadakan pelajaran tambahan bagi murid yang kurang mampu belajar. Untuk lebih maksimal lagi, usaha peningkatan profesionalisme guru, khususnya di MTs Ar Rahman, umumnya di semua sekolah yang ada diharapkan usaha peningkatan tersebut dilakukan bersama-sama oleh setiap komponen yang ada dalam sistem pembelajaran. Dan upaya peningkatan tersebut hendaknya pula disertai niat yang ikhlas dan tekad yang bulat guna mencapai sosok guru yang profesional yang akan menjadi salah satu penentu keberhasilan pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masyithoh, Devi Agusdina--UNSPECIFIED
Subjects: Guru
Uncontrolled Keywords: Problematika guru; kualitas guru; Profesionalisme guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:35
Last Modified: 02 Apr 2018 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23982

Actions (login required)

View Item View Item