Peningkatan prestasi belajar IPS materi Perkembangan Teknologi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas IV MI Himmatul Ulya Tlasih Tulangan Sidoarjo

Ma’rifah, Ainun (2012) Peningkatan prestasi belajar IPS materi Perkembangan Teknologi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas IV MI Himmatul Ulya Tlasih Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ainun Ma'rifah_D07208029.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23964

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal tentang proses pembelajaran IPS yang ada di MI Himmatul Ulya Tlasih Tulangan Sidoarjo, guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, berdasarkan hal tersebut ada beberapa siswa yang masih mendapatkan nilai dibawah KKM yang telah ditentukan. Permasalahan ini coba diatasi dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Mengetahui prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV MI HIMMATUL ULYA Tlasih Tulangan Sidoarjo sebelwn diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. 2). Mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV MI HIMMATUL ULYA Tlasih Tulangan Sidoarjo. 3). Mengetahui prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi pada siswa kelas N MI HIMMATUL ULYA Tlasih Tulangan Sidoarjo sesudah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi beberapa tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus clan pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan tes akhir siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV MI HIMMATUL ULYA Tlasih Tulangan Sidoarjo, dengan banyaknya siswa 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2011-2012, jenis data yang dipakai dalam penelitian ini berupa nilai ulangan harian sebelwn dilaksanakan penelitian, soal test akhir sebanyak 20 soal pilihan ganda, lembar observasi keterlaksanaan keterampilan mengajar guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil Penelitian peningkatan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV MI Himmatul Ulya Tlasih Tulangan Sidoarjo melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Hal ini terlihat dari partisipasi dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, serta basil observasi yang dilakukan oleh guru kolaborator terhadap peneliti sebagai guru maupun observasi pada pembelajaran yang dilakukan siswa. Berdasarkan evaluasi tes akhir dari setiap siklus yang ada, basil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Dari tes akhir siklus I keberhasilan siswa mencapai rata rata 79 dan meningkat menjadi 86,9 pada siklus II, dengan perolehan nilai terendah pada sildus I 60 dan pada siklus II meningkat menjadi 75. Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan kepada guru bahwa Pembelajaran kooperatif tipe STAD diharapkan dapat diaplikasikan terus supaya ada variasi dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Pencapaian tujuan pembelajaran adalah poin penting dalam proses pembelajaran, oleh karena itu guru harus mengetahui bagaimana cara yang tepat yang bisa memotivasi peserta didik unruk selalu aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung sehingga prestasi yang diperoleh bisa maksimal.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Siroj, Taufik
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; STAD; Student Teams Achievement Division; prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2018 07:59
Last Modified: 27 Mar 2018 07:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23964

Actions (login required)

View Item View Item