Peningkatan kemampuan berbicara siswa terkait materi Memperkenalkan Diri Sendiri pada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Ml Islamiyah Sidoarjo melalui metode Lempar Bola

Alfiyah, Vivit (2012) Peningkatan kemampuan berbicara siswa terkait materi Memperkenalkan Diri Sendiri pada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Ml Islamiyah Sidoarjo melalui metode Lempar Bola. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Vivit Alfiyah_D07208069.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23960

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kemampuan siswa kelas I MI Islamiyah Sidoarjo dalam memperkenalkan diri pada pelajaran Bahasa Indonesia, (2) bagaimana pelaksanaan metode Iempar bola pada siswa kelas I MI Islamiyah Sidoarjo terkait materi memperkenalkan diri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (3) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas I MI Islamiyah Sidoarjo terkait materi memperkenalkan dirinya dengan menggunakan metode lempar bola pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan prosentase KKM (Ketuntasan Kriteria Minimal). Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas I B MI Islamiyah Sidoarjo yang berjumlah 26 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Kemampuan berbicara siswa kelas I MI Islamiyah Sidoarjo dalam memperkenalkan diri pada pelajaran Bahasa Indonesia sudah sangat baik. (2) Penerapan metode lempar bola dalam penelitian ini telah dilaksanakan dengan baik pada siklus I dan IL Namun pada siklus I terdapat revisi pada aspek penambahan contoh materi dalam memperkenalkan diri dengan orang lain dan ketertiban siswa kurang tercapai. Sedangkan pada siklus II, pemahaman siswa tentang cara berkenalan dengan orang lain sangat baik dan ketertiban siswa tercapai. (3) Terdapat peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas 1 MI Islamiyah Sidoarjo dengan kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ketrampilan berbicara siswa yang meliputi lafal, intonasi, pemilihan diksi, ekspresi, keberanian, kelancaran dan santun berbicara pada siklus I sebesar 55,I dengan prosentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebesar 56,6%. Sedangkan nilai rata-rata ketrampilan berbicara siswa pada siklus II sebesar 73,5 dengan prosentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebesar 75%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mustofa, M. Bahri
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbicara; Memperkenalkan Diri Sendiri
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2018 07:36
Last Modified: 27 Mar 2018 07:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23960

Actions (login required)

View Item View Item