Peningkatan hasil belajar siswa dalam menghitung luas persegi panjang melalui media Papan Berpaku Kelas III MI Islamiyah Sidoarjo

Rodiyah, Siti (2012) Peningkatan hasil belajar siswa dalam menghitung luas persegi panjang melalui media Papan Berpaku Kelas III MI Islamiyah Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Rodiyah_D07208052.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23958

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil pengamatan di MI Islamiyah Sidoarjo adalah (1) Siswa masih kesulitan untuk membedakan antara rumus luas persegi panjang dengan keliling persegi panjang, (2) Siswa masih kesulitan untuk membedakan antara rumus luas persegi panjang dengan luas persegi, (3) Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa dalam menghitung luas persegi panjang di kelas III MI Islamiyah Sidoarjo, (2) Bagaimana penerapan media papan berpaku dalam menghitung luas persegi panjang di kelas III MI Islamiyah Sidoarjo, (3) Bagaimana peningkatan basil belajar siswa dalam menghitung luas persegi panjang melalui media papan berpaku di kelas III MI Islamiyah Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui basil belajar siswa dalam menghitung luas persegi panjang di kelas III MI Islamiyah Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui penerapan media papan berpaku dalam menghitung luas persegi panjang di kelas illMI Islamiyah Sidoarjo, (3) Untuk mengukur terjadinya peningkatan basil belajar siswa dalam menghitung luas persegi panjang melalui media papan berpaku di kelas III MI Islamiyah Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pendekatan mixed methods yaitu memadukan antara analisis data kualitatif dan data kuantitatif Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, clan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tes basil belajar siswa dianalisis berdasarkan prosentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Islamiyah Sidoarjo yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan validitas isi dengan pendekatan expert judgment. Uji reliabilitas dalam penelitian ini mencapai derajat sangat reliabel dengan nilai standardized item mencapai 0,836. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ( l ) Berdasarkan basil dokumentasi daftar nilai ulangan harian siswa kelas III MI Islamiyah Sidoarjo dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 69,15 dengan prosentase KKM 50% siswa yang tuntas dan 50% siswa yang tidak tuntas. (2) Media papan berpaku dalam penelitian ini telah dilaksanakan dengan baik pada siklus I dan siklus II. Namun pada siklus I terdapat revisi pada aspek metode pembelajaran. (3) Terdapat peningkatan basil belajar siswa pada materi menghitung luas persegi panjang mata pelajaran matematika kelas ID MI Islamiyah Sidoarjo dengan kategori Sangat Baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata­ rata pada siklus I sebesar 75,25 dengan prosentase KKM sebesar 75%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 87,25 dengan prosentase KKM sebesar 100%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sihabuddin, Sihabuddin
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; media Papan Berpaku
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2018 07:19
Last Modified: 27 Mar 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23958

Actions (login required)

View Item View Item