Peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara Bahasa Arab dengan menggunakan permainan bahasa tipe temukan pasanganku kelas IV MI Salafiyah Bahauddin Ngelom-Taman-Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Nurul (2012) Peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara Bahasa Arab dengan menggunakan permainan bahasa tipe temukan pasanganku kelas IV MI Salafiyah Bahauddin Ngelom-Taman-Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Istiqomah_D07208035.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada pokok bahasan keluarga yang dilaksanakan di MI Salafiyah Bahauddin pada kelas IV.l belum sepenuhnya melibatkan peran siswa secm•a optimal. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Dalam hal ini siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna Dengan menanggapi hal tersebut, maka dengan melaksanak:an permainan bahasa tipe temukan pasanganku melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam herbicara bahasa Arab pada siswa MI Salafiyah Bahuddin Ngelom Taman Sidoarjo. Permasalahan yang dikajji pada penelitian ini adalah: I. Bagaimana kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab dengan menggunakan permainan bahasa tipe temukan pasanganku kelas IV MIS Bahuddin Ngelom Taman Sidoarjo? 2. Bagaimana penerapan permainan bahasa tipe temukan pasanganku dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV MI Salafiyah Bahuddin Ngelom Taman Sidoarjo? 3. Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab dengan menggunakan permainan bahasa tipe temukan pasanganku kelas IV MI Salafiyah Bahauddin Ngelom Taman Sidoarjo? Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Model PTK yang digunakan yaitu model Kemmis dan Taggart. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data kualitatif di analisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui pennainan bahasa tipe temukan pasanganku dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Salafiyah Bahuddin Ngelom Taman Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 73,67% sedangkan siklus II sebesar 82%. Ketuntasan tes lisan siklus I sebesar 72%, sedangkan siklus IT sebesar 92%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Materi
Potensi
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbicara; Bahasa Arab; permainan bahasa tipe temukan pasanganku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2018 07:15
Last Modified: 27 Mar 2018 08:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23957

Actions (login required)

View Item View Item