Analisis buku ajar Pendidikan Agama Islam dalam perspektif Badan Standar Nasional Pendidikan: telaah buku Pendidikan Agama Islam kelas VI Sekolah Dasar penerbit Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah dan Erlangga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sumarianto, Sumarianto (2018) Analisis buku ajar Pendidikan Agama Islam dalam perspektif Badan Standar Nasional Pendidikan: telaah buku Pendidikan Agama Islam kelas VI Sekolah Dasar penerbit Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah dan Erlangga. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Sumarianto_F12315221.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tesis ini dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana aspek isi buku ajar Pendidikan Agama Islam SD kelas VI penerbit DPP Hidayatullah dan Erlangga dalam perspektif BNSP?; (2) Bagaimana aspek bahasa buku ajar Pendidikan Agama Islam?; (3) Bagaimana aspek penyajiannya? ; (4) Bagaimana aspek grafikanya?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena lebih menekankan pada pengumpulan data yang bersifat kualitatif dan menggunakan analisis kuantitatif dalam pemaparannya. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Data penelitian pustaka ini diperoleh melalui penggalian dan penelusuran terhadap buku-buku, artikel, majalah, jurnal, akses internet dan catatan penting lainnya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu Pertama, dari segi kelayakan isi pada 2 buku ini memiliki kategori baik (layak) yaitu buku PAI terbitan DPP Hidayatullah kedalaman isi lebih bagus daripada konteksnya, ilustrasi dan keterkininan fitur kurang seimbang. Untuk buku PAI terbitan Erlangga kedalaman materi dan ilustrasi cukup sesuai, tetapi keterkinian fitur dan konteksnya kurang seimbang. Kedua, berdasarkan standar kelayakan segi kebahasaan kedua buku menunjukkan bahwa sudah baik (layak), walaupun bahasa buku PAI terbitan DPP Hidayatullah sedikit belum bisa dipahami oleh siswa begitu pula dengan tingkat perkembangan emosional siswa tetapi sudah dapat tersampainya pesan. Pada buku PAI terbitan Erlangga untuk bahasa cukup baik dan perlu sedikit kreatifitas penjelasan kesesuaian bahasa dari guru. Ketiga, dari segi penyajian buku berdasarkan isi dan bahasa kedua buku berbeda, penyajian buku PAI terbitan DPP Hidayatullah sudah baik, dengan sedikit perbaikan referensi serta pembatasan materi dan keruntutan konsep (mudah ke sukar), sedangkan penyajian buku PAI terbitan Erlangga sangat baik hanya perlu sedikit pembenahan pada keruntutan konsep (mudah ke sukar). Keempat, Dari segi kegrafikan berdasarkan panduan instrumen BNSP menunjukkan kedua buku sudah sangat baik (layak), kegrafikaan buku PAI terbitan DPP Hidayatullah mengedepankan unsur tipografi yang menarik dan konten perlu konsisten, serta ilustrasi gambar perlu ditambah, sedangkan buku terbitan Erlangga konten sudah konsisten, ilustrasi memenuhi standar buku, serta informatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sumarianto, Sumariantosumarianto2011@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Anak
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Analisis Buku Ajar; Buku Ajar Pendidikan Agama Islam; Badan Standar Nasional Pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sumarianto Sumarianto
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:08
Last Modified: 29 Mar 2018 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23956

Available Versions of this Item

  • Analisis buku ajar Pendidikan Agama Islam dalam perspektif Badan Standar Nasional Pendidikan: telaah buku Pendidikan Agama Islam kelas VI Sekolah Dasar penerbit Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah dan Erlangga. (deposited 29 Mar 2018 03:08) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item