Peningkatan ketrampilan berbicara pada materi peristiwa sejarah Nabi Muhammad melalui tari bambu pada siswa kelas V SD Ma'arif Hasanuddin Klumprik Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmania, Nur (2012) Peningkatan ketrampilan berbicara pada materi peristiwa sejarah Nabi Muhammad melalui tari bambu pada siswa kelas V SD Ma'arif Hasanuddin Klumprik Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Rochmania_D77208066.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah pada hakikatnya merupakan pembelajaran secara subtansial, mata pelajaran sejarah kebudayaan islam memiliki konstribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk. mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat di gunakan untuk. melatih kecerdasan, membentuk. sikap, watak dan kepribadian peserta didik. Dalam penelitian ini mapel sejarah Islam di mix kan dengan bahasa Indonesia, karena menyangkut keterampilan dalam berbahasa. Akan tetapi, dalam penyampaiannya pembelajaran sejarah Islam banyak sekali kendala sehingga peserta didik kurang bisa memahami arti sejarah islam, meneladani sejarah sebagi penerapan keseharian, tenaga pendidik yang kurang mumpuni dalam penguasaan materi serta metode yang kurang tepat sebagai alat interaksi siswa. Hal tersebut sangat mempengaruhi pembelajaran sejarah islam. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk. mendeskripsikan tentang : 1. Mendeskripsikan proses keterampilan berbicara pada materi hijrah Nabi Muhammad SAW pada siswa kelas V di SD Ma'arif Hasanudin Klumprik Kecamatan Wiyung Surabaya. 2. Mendeskripsikan penerapan teknik Tari Bambu dilakukan pada siswa kelas V di SD Ma'arif Hasanudin Klumprik Kecamatan Wiyung Surabaya. 3. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara pada materi hijrah Nabi Muhammad SAW pada siswa kelas V di SD Ma'arif Hasanudin Klumprik Kecamatan Wiyung Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dan tempat penelitian ini adalah siswa kelas V SD Ma'arif Hasanudin Klumprik Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan pengukuran tes hasil belajar. Sedangkan untuk. analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode tari bambu baik diterapkan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam kelas V. Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi siswa, bahwa antusiasme dan keaktifan sangat tinggi dalam mengikuti pembelajaran dengan metode tari bambu. (2) pembelajaran dengan menggunakan metode tari bambu pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam telah dinyatakan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi siswa, observasi guru, dan hasil belajar siswa yang telah mencapai kreteria yang telah ditentukan dalam penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmania, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesenian
Keterampilan
Pendidikan > Pendidikan Materi
Sejarah > Sejarah Islam
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan berbicara; hijrah nabi Muhammad; tari bambu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2018 02:04
Last Modified: 27 Mar 2018 02:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23954

Actions (login required)

View Item View Item