Idealitas Kurikulum Jurusan Kependidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholis, Nur (1997) Idealitas Kurikulum Jurusan Kependidikan Islam. In: Seminar HMJ KI Fak. Tar. IAIN Supel Surabaya, 17 Nopember 1997, IAIN Sunan Ampel Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Idealitas Kurikulum Jurusan Kependidikan Islam.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Harapan masyarakat akan adanya suatu pendidikan yang berkualitas semakin marak. Pendidikan diharapkan memberi sesuatu dan merefleksikan kebutuhan konsumen (link & match) disamping pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermakna prediktif dalam mereformasi masyarakat di masa datang. Namun harapan ini tidak mudah direalisasikan dengan capat karena peningkatan mutu pendidikan lebih merupakan proses daripada kejadian seketika. Berbagai upaya dilakukan untuk “memperbaiki” lembaga pendidikan. Secara tradisional upaya ini adalah melalui peningkatan mutu tenaga pengajar (misalnya, D2 untuk guru SD, S2 dan S3 untuk guru peruguruan tinggi), perbaikan kurikulum (kurikulum sekolah 1994 mengganti kurikulum 1984 dan kurikulum 1995 IAIN serta kurikulum IAIN 1997 ditawarkan sebagai alternatif pengganti kurikulum sebelumnya), dan peningkatan sarana-prasaranan lainnya. Hanya permasalahannya adalah apakah kurikulum-kurikulum yang ‘dianggap’ sebagai penyempurna itu benar-benar lebih sempurna untuk mencapai idealitas pendidikan tertentu. Khusus kurikulum Jurusan Kependidikan Islam (KI) di lingkungan IAIN, apakah kurikulum selama ini (1995) kurang berkualitas? Atau apakah kurikulum 1997 ini lebih berkualitas? Jawabnya tidak mudah!!! Makalah ini akan mencermati kedua kurikulum KI ini untuk melihat kemungkinan sejauhmana peranannya dalam mencapai idealitas jurusan KI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Kurikulum; KI; Pendidikan Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Makalah
Depositing User: Nur Kholis
Date Deposited: 26 Mar 2018 05:11
Last Modified: 26 Mar 2018 05:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23933

Actions (login required)

View Item View Item