Politik pendidikan: konsep dan praktik kebijakan pendidikan di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tamin AR, Zaini and Purnamasari, Nia Indah and Adityawati, Ika Agustin and Mo'tasim, Mo'tasim and Alim, Zainal and Chasanah, Anif Nur and Abdullah, Abdullah and Ismail, Moh and Nasucha, Juli Amaliya (2018) Politik pendidikan: konsep dan praktik kebijakan pendidikan di Indonesia. CV. Dwiputra Pustaka Jaya, Sidoarjo. ISBN 9786026604392

[img] Text
Zaini Tamin AR dkk_Politik Pendidikan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan tidak pernah lepas dari kekuasaan. Kalimat inilah yang sering ditegaskan Paulo Freire. Menurutnya, segala kebijakan politik sangat menentukan arah pembinaan dan pengembangan pendidikan. Politik dan kekuasaan mampu menjadi wahana bagi ekspektasi publik akan sebuah sistem pendidikan yang baik. Dengan “tesis” Freire tersebut, maka dapat kita dapat mengasumsikan bahwa negara yang politik pendidikannya buruk, kinerja pendidikannya pun juga buruk. Sebaliknya, negara yang politik pendidikannya baik, kinerja pendidikannya pun juga baik. Pertanyaannya adalah bagaimanakah politik pendidikan di Indonesia? Pertanyaan yang kera dilontarkan, namun sulit menemukan jawaban.Realitasnya memang pendidikan di Indonesia tidak bisa terlepas dari knowledge and powerm (pengetahuan dan kuasa). Pengetahuan yang dapat diperoleh melalui pendidikan dan kuasa yang diemban oleh pemerintahm untuk mengatur dan menentukan perkembangan peradaban Indonesia. Dengan kata lain,transfer pengetahuan, nilai dan kebudayaanmenjadi tanggung jawab pemerintah yang harus direalisasikan. Dalam perjalanan sejarah, setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami berbagai perubahan disegala bidang, termasuk pendidikan. Pemerintah Indonesia segera membentuk dan menunjuk menteri pendidikan, pengajaran dan kebudayaan. Karena perjuangan kemerdekaan belum selesai dan masih terjadi instabilitas, maka tidak mengherankan bila selama orde lama sering terjadi pergantian menteri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tamin AR, ZainiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Purnamasari, Nia IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Adityawati, Ika AgustinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Mo'tasim, Mo'tasimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Alim, ZainalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Chasanah, Anif Nuranif_nurch@yahoo.comUNSPECIFIED
Abdullah, AbdullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Ismail, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Nasucha, Juli AmaliyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kebijakan Publik
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; Fullday Schoo; UN; Ujian Nasional; Sertifikasi Guru
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2018 04:03
Last Modified: 04 May 2018 09:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23919

Actions (login required)

View Item View Item