Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap mekanisme DPC Partai Demokrat dalam penetapan calon Bupati dan wakil Bupati kabupaten Gresik periode 2010-2015 menurut Undang-Undang nomor 02 tahun 2008 tentang partai politik

Riyanto, M. (2011) Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap mekanisme DPC Partai Demokrat dalam penetapan calon Bupati dan wakil Bupati kabupaten Gresik periode 2010-2015 menurut Undang-Undang nomor 02 tahun 2008 tentang partai politik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Riyanto_C02304042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field reseach) dengan judul "Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Mekanisme DPC Partai Demokrat Dalam Penetapan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Gresik Periode 2010-2015 Menurut Undang-Undang Nomor 02 Tahun 2008 Tentang Partai Politik", bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang (I) Bagaimanakah mekanisme Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Gresik dalam penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gresik periode 20 I 0-2015 menurut Undang-Undang Nomor 02 Tahun 2008 tentang Partai Politik? (2) Bagaimanakah tinjauan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gresik periode 2010-2015 yang diajukan oleh Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat? Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif analitis dengan pola deduktif. Metode deskriptif analitis digunakan untuk menggambarkan secara sistematis tentang mekanisme Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat dalam menetapakan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gresik sebagai obyek penelitian, sehingga dapat diketahui apakah mekanisme yang digunakan telah sesuai atau belum dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Metode diduktif adalah metode yang diawali dengan menggunakan teori-teori yang sifatnya umum mengenai mekanisme Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gresik, selanjutnya akan dikemukakan hasil penelitian yang bersifat khusus, yang kemudian ditarik menjadi kesimpulan. Berdasarkan basil penelitian dapat diketahui bahwasanya penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati oleh Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat telah sesuai dengan apa yang diajarkan dalam agama Islam yang berdasarkan Al-quran dan beberapa langkah musyawarah yang diambil oleh para sahabat Nabi dalam pemerintaha Islam. Dimana keputusan diambil melalui musyawarah dari tiap-tiap daerah sehingga dari penetapan Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat akan lebih menunjukkan yang demokratis karena diarnbil berdasarkan musyawarah. Jadi diharapkan dengan adanya bentuk penetapan yang dilakukan Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat ini akan menjadikan catatan pola yang sangat demokratis berdasarkan suara dari wakil kader partai yang telah ditentukan oleh partai dalam waktu kongres yang dituangkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai sehingga dapat memberikan pelajaran berpolitik bagi kita dalam berbangsa dan bernegara sehingga terciptanya masyarakat yang adil dan makmur yang diridhoi Allah, Tuhan yang Maha Kuasa.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Suis, M.
Uncontrolled Keywords: Fiqih Siyasah; partai Demokrat; Bupati
Subjects: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
Fikih > Fikih Siyasah
Partai Politik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2018 03:46
Last Modified: 23 Mar 2018 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23918

Actions (login required)

View Item View Item