Pengembangan Kurikulum dalam Era Desentralisasi Pendidikan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholis, Nur (2000) Pengembangan Kurikulum dalam Era Desentralisasi Pendidikan. In: Seminar Nasional Pendidikan, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kependidikan Islam, 17 Mei 2000, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
Pengembangan Kurikulum dan Desentralisasi pendidikan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akhir-akhir ini isu desentralisasi pendidikan telah menjadi agenda publik. Munculnya isu ini disemangati oleh isu otonomisasi daerah tingkat I dan tingkat II, yang undang-undangnya baru saja disahkan. Inti dari desentralisasi adalah diserahkannya sejumlah aset nasional untuk dikelola dan dikembangkan oleh daerah tingkat I dan tingkat II. Sehingga hanya tinggal lima bidang yang tetap diurus secara nasional, yaitu hukum, keamanan, keuangan, agama, dan hubungan luar negeri. Salah satu aset yang diserahkan ke daerah adalah urusan pendidikan. Diserahkannya pendidikan ke daerah ini kemudian memunculkan harapan dan kecemasan di pihak pelaku pendidikan. Di satu sisi, dengan desentralisasi lembaga pendidikan akan lebih bebas mengembangkan apa yang dimaui dan dianggap baik, dan di sisi lain, banyak yang tidak siap melakukan upaya untuk itu. Tapi yang jelas, siap tidak siap, lembaga pendidikan harus melakukan reposisi-reposisi dan reorientasi untuk menyikapi desentralisasi ini. Salah satu aspek penting yang harus diadakan reorientasi dan restrukturisasi adalah aspek kurikulum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Manajemen Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Desentralisasi Pendidikan
Divisions: Karya Ilmiah > Makalah
Depositing User: Nur Kholis
Date Deposited: 23 Mar 2018 01:42
Last Modified: 23 Mar 2018 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23904

Actions (login required)

View Item View Item