Islam Sinkretik: telaah atas aliran kebatinan Purwa Ayu Mardi Utama di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masrifah, Lia Hilyatul (2012) Islam Sinkretik: telaah atas aliran kebatinan Purwa Ayu Mardi Utama di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Hilyatul Masrifah_E82208024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aliran kebatinan adalah suatu organisasi yang mengajarkan anggotanya untuk berbudi luhur, berdasarkan cipta, rasa dan karsa manusia, bukan berdasarkan agama, sekalipun ajaran sebagian diambil dari ajaran agama yang diinterpretasikan menurut versi mereka sendiri. Ajaran Aliran Kebatinan Purwa Ayu Mardi Utama tidak lepas dari pengertian diatas yaitu mengambil beberapa ajaran yang ada di agama (yaitu Islam) kemudian di interpretasikan sesuai dengan pemikiran R.M. Djodjopurnomo dan diajarkan kepada pengikutnya. Aliran Kebatinan Purwa Ayu Mardi Utama pada dasarnya lebih mengajarakan tentang pirukunan yaitu ajaran tentang kemanuisaan, bahwa manusia hidup didunia ini tidak bisa semena mena dan harus mengikuti aturan alam, atauran yang telah berlaku di dunia ini. Ajaran tentang pirukunan yang telah ditulis dalam buku panduan Aliran Kebatinan Purwa Ayu Mardi Utama dijelaskan secara jelas, padat. Aliran Kebatinan Purwa Ayu Mardi Utama di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi merupakan aliran kebatinan yang hampir seluruh pengikutnya beragama Islam. Mereka meyakini bahwa agama Islam adalah agama yang membawa keselamatan. Beberapa ajaran yang mengambil dari ajaran Islam tidak lepas dari sinkretisme yang dilakukan oleh R.M. Djojopurnomo Aliran Kebatinan yang lebih menekankan tentang kaweruh Kamanungsan membuat Aliran Kebatinan Purwa Ayu Mardi Utama mudah untuk dipahami oleh masyarakat luas karena itu sebagai cara hidup yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masrifah, Lia Hilyatul--UNSPECIFIED
Subjects: Aliran Kebatinan
Uncontrolled Keywords: Aliran kebatinan; Purwa Ayu Mardi Utama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2018 03:04
Last Modified: 22 Mar 2018 03:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23902

Actions (login required)

View Item View Item