Tinjauan hukum Islam terhadap jasa unlock sim card HP Esia di WTC Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mafrudho, Hanim (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap jasa unlock sim card HP Esia di WTC Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanim Mafrudho_C02205137.pdf

Download (687kB)

Abstract

Karya tulis ini adalah hasil penelitian literer dan documenter. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan : Bagaimana praktek jasa Unlock Sim Card HP Esia di WTC Surabaya dan akibatnya, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jasa Unlock Sim Card HP Esia di WTC Surabaya ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini sejalan dengan sifat penelitian kualitatif yang mengumpulkan datanya menggunakan metode telaah kritis terhadap jasa Unlock Sim Card HP Esia tersebut, di samping itu pengumpulan datanya di perkuat dengan wawancara pada Customer Service dan konsumen. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif yaitu melukiskan kasus tentang Unlock Sim Card HP Esia secara sistematis dan cermat, kemudian dikaitkan dengan pendapat fuqaha atau teori hukum Islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktek jasa Unlock Sim Card Hp Esia di WTC Surabaya yaitu cara melakukannya dengan langkah-langkah atau prosedur yang sesuai dan setelah melakukan Unlock Sim Card Hp Esia akan mengakibatkan kerusakan yang fatal, antara lain : 1) kerusakan garansi pada Hp Esia, 2) sinyal pada Hp Esia tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh para konsumen Hp Esia, 3) konsumen beralih kepada kartu selain Esia, 4) pihak pengusaha Esia / atau operator Esia menjadi dirugikan oleh fakta jasa Unlock Sim Card Hp Esia sebagai tanda yang dilakukan tanpa seizin pemilik dari Hp Esia yaitu perusahaan Esia. Sedangkan menurut hukum Islam, bersifat makruh karena dalam syarat dan rukun ija>rah telah terpenuhi tetapi ada pihak lain yang dirugikan, yaitu para teknisi HP Esia banyak membutuhkan pekerjaan dan penghasilan. Saran, 1) kepada para konsumen agar melakukan Unlock Sim Card Hp Esia langsung ke gerai perusahaan Esia. 2) kepada pihak Esia agar meresmikan jasa. Unlock Sim Card Hp Esia di WTC Surabaya, produk Esia bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mafrudho, HanimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Layanan
Teknologi
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; jasa unlock sim card; HP Esia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2018 03:09
Last Modified: 21 Mar 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23891

Actions (login required)

View Item View Item