Studi tentang Konversi Agama pada umat Kristiani di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asfaroh, Rodliyatul (2012) Studi tentang Konversi Agama pada umat Kristiani di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rodliyatul Asfaroh_E02208014.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23888

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana deskripsi tentang konversi agama (2) Faktor apa yang mendorong terjadinya konversi agama (3) Bagaimana proses terjadinya konversi agama di masjid A-Akbar ( 4) Mengapa dilakukan di Masjid AL-Akbar, bukan di lainn ya. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode Deskripsi Analisis Kualitataf' untuk menjelaskan deskripsi tentang konversi agama ataupun ( 1 ) Pengertian konversi agama menurut etimologi berasal dari kata latin "conversio" yang berarti taubat pindah, berubah (agama). Selanjutnya kata tersebut dipakai dalam kata Inggris "'conversion" yang mengandung pengertian berubah dari suatu keadaan, atau dari suatu agama ke agama lain. (2) faktor yang mendorong seseorang pinda agama terjadi karena faktor Hidayah yang discbut dengan ilham, Suatu gerak hati yang terdapat dalam bentuk manusia untuk melakukan sesuatu dengan tidak berdasarkan pada fikiran melainkan dorongan yang hanya bersifat animal, faktor Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang dapat menyebabkan terjadi nya konversi agama, dan apalagi perubahan itu terjadi secara mendadak seperti perccraian atau kawin dengan orang yang berlainan agama. Faktor kejawaan yang mana sesuatu menguasai pusat kebiasaan seseorang sehingga pada dirinya timbul prscpsi baru (3) awal dari proses pengikraran tersebut mualaf terlebih dahulu mengisi formulir yang telah disediakan untuk melengkapi syarat-syarat yang ditentukan guna untuk memperlancar proses pengikraran, ikrar dilakukan di masjid al­akbar surabaya dengan membawa saksi dua dan para jama'ah juga ikut menyaksikan ikrar tersebut. (4) Menurut para muallaf masjid Al-Akbar berbeda dengan masjid lainnya yang mempunyai makna tcrsendiri karena masjid tersebut bertaraf nasional dan mengcl uarkan sertifikat bukti otcntik dari pengikraran tersebut, dan tidak semua masjid bisa mengeluarkan sertifikat seperti masjid al-akbar. Pcrasaan puas itulah yang muallaf ungkapkan keti ka melangsungkan ikrar di masjid al-akbar surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asfaroh, Rodliyatul--UNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Konversi agama; umat Kristiani
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2018 08:37
Last Modified: 20 Mar 2018 08:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23888

Actions (login required)

View Item View Item