Peran kegiatan ekstrakurikuler Kerohanian Islam dalam pembinaan mental siswa SMP Islam Darunniyah Sidorejo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuaidiyah, Nur Afwa (2012) Peran kegiatan ekstrakurikuler Kerohanian Islam dalam pembinaan mental siswa SMP Islam Darunniyah Sidorejo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Afwa Fuaidiyah_D01207104.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Remaja merupakan perubahan seorang anak dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Disini mereka mudah sekali terbawa arus pergaulan teman-teman mereka. Banyaknya kenakalan pelajar yang ada pada saat ini tidak terlepas akan kelabilan mereka untuk mencari tahu bagaimana jati diri mereka sebenarnya, apalagi dengan kehidupan yang serba modem saat ini, mereka yang tinggal di pedesaan akan lebih ingin mengetahui bagaimana modernisasi yang saat ini berkembang. Pendidik dan orang tua mempunyai tanggung jawab yang besar dalam membentuk karakter serta tingkah laku siswa, terutama dilingkungan sekolah. Dengan pembinaan mental yang terus menerus dan konsisten, akan menentukan akhlak yang baik bagi manusia untuk berakhlak mulia. Oleh karena itu dalam menanamkan nilai-nilai moral pada anak didik, maka disekolah tersebut dibentuklah kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam seni hadrah, dimana kegiatan ini dilaksanakan diluar jam pelajaran tatap muka yang bertujuan untuk menunjang serta mendukung program ko kurikuler Pendidi kan Agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, pengamatan dan pengamalan ajaran agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah serta bermental mulia. Skripsi ini penulis membahas tentang Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam dalam Pembinaan Mental Siswa SMP Islam Darunniyah Sidorejo, dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler kerohanian Islam (seni hadrah) di SMP Islam Darunniyah Sidorejo. 2. Bagaimana keadaan mental siswa SMP Islam Darunniyah Sidorejo. 3. Bagaimana peran kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam (seni hadrah) dalam pembinaan mental siswa SMP Islam Darunniyah Sidorejo. Penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa siswi yang ikut ekstrakurikuler seni hadrah yang berjumlah 40 siswa. Meskipun penelitian deskriptif, penulis tetap menggunakan beberapa metode untuk memperoleh data yang diteliti, diantaranya yaitu metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Sedangkan untuk menganalisa data yang terkumpul digunakan teknik kuantitatif (data yang berbentuk angka). Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari obyek penelitian, dapat diketahui bahwa dalam pembinaan mental siswa SMP Islam Darunniyah Sidorejo, kesadaran akan berakhlak mulia terhadap Allah SWT, orangtua, guru, tetangga dan sesama teman terbukti dengan terbinanya mental yang baik dan sehat serta perubahan yang dialami oleh siswa menuju Insan Kamil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuaidiyah, Nur Afwa--UNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler; Kerohanian Islam; pembinaan mental
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2018 07:18
Last Modified: 19 Mar 2018 07:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23881

Actions (login required)

View Item View Item