Implementasi pemikiran M. Natsir tentang Islam dan Negara dalam Partai Bulan Bintang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juanedy, Imam (2010) Implementasi pemikiran M. Natsir tentang Islam dan Negara dalam Partai Bulan Bintang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Imam Juanedy_C02303049.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23877

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitan kepustakaan (library research) untuk menjawab rumusan permasalahan yaitu bagaimanakah relasi Islam dan Negara menurut pemikiran M. Natsir dan bagaimanakah implementasi pemikiran M. Natsir dalam Partai Bulan Bintang? Mengingat kajian yang dilakukan bersifat literer, maka metode yang dipakai dalam pengumpulan data penulis menggunakan studi kepustakaan (library research), kemudian dianalisis dengan teknik Deskriptif Analisis dengan pola pikir Deduktif yakni untuk mendapatkan pengetahuan ilmiah yang bertitik tolak dari pengamatan yang bersifat umum dan menarik kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa relasi Islam dan negara adalah mutlak tidak dapat dipisahkan, karena agama di dalamnya mengatur semua aspek kehidupan manusia yang sempurna termasuk masalah politik dan kenegaraan. Sedangkan konsep pemikiran Muhammad Natsir yang diimplementasikan oleh Partai Bulan Bintang adalah pandangan bahwa ajaran Islam sebagai pedoman hidup dan penerapan fungsi Negara sebagai alat untuk mencapai tujuan. Berdasarkan atas kesimpulan diatas, maka kiranya ada beberapa saran yang sekiranya perlu disampaikan, yaitu pertama, kepada para akademisi supaya mengembangkan penelitain ini untuk menanibah khazanah pengetahuan. Kedua, kepada para kader dan politisi Partai Bulan Bintang supaya menerapkan konsep pemikiran politik M. Natsir dalam kehidupan kongkrit berbangsa dan bemegara guna membangun dan mewujudkan demokrasi sejati di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juanedy, Imam--UNSPECIFIED
Subjects: Pemikiran
Keywords: Pemikiran M. Natsir; Islam dan Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:47
Last Modified: 16 Mar 2018 08:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23877

Actions (login required)

View Item View Item